Penjahat Cyber Makin Gencar Serang Sistem Perbankan

Selasa, 10 Mei 2016 - 21:08 WIB
Penjahat Cyber Makin...
Penjahat Cyber Makin Gencar Serang Sistem Perbankan
A A A
JAKARTA - Tingginya angka kejahatan dunia maya (cyber crime) menjadi sebuah masalah tersendiri di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Para penjahat cyber melancarkan aksinya hampir ke semua aspek terlebih dunia perbankan yang menjadi tempat lalu lalang transaksi uang.

Guna mencegah masalah tersebut, dibutuhkan solusi yang tepat dalam menghadapinya. Dalam hal ini, F5 Networks menawarkan dua solusi ‘pengaman’ untuk melindungi pelanggan perbankan dari serangan cyber crime, yakni WebSafe dan MobileSafe.

"Pesatnya pertumbuhan belanja online melalui e-commerce tentu saja sejalan dengan pertumbuhan perbankan. Pasalnya, seluruh transaksi pasti akan melalui bank dengan menggunakan sistem transfer," ujar Manager Field System Engineer F5 Networks, Andre Iswanto, dalam keterangan resminya kepada Sindonews, Selasa (10/5/2016).

Dia menjelaskan, penjahat cyber kini semakin canggih dalam melakukan aksinya. Sebab mereka tidak lagi menyasar data center perbankan, tetapi dicuri ketika pengguna mengakses aplikasi dan website dari perbankan tersebut. Hal ini biasa terjadi ketika pengguna membuka email, lalu mengecek spam. Bahkan mereka sering menggunakan judul yang menarik, sehingga pengguna tertarik untuk membukanya.

Penggunaan WebSafe dan Mobile, transaksi yang dilakukan para pengguna dapat lebih aman dan terjaga kerahasiannya. Sebab, sistem ini bekerja tidak melibatkan pengguna. Di sini para tim teknisi akan bekerja dalam mengamankan data pelanggan perbankan yang menggunakan perlidungan dari F5 Networks.

Diprediksi pada 2020 jumlah perbankan digital diperkirakan meningkat hingga 1,7 miliar. Artinya pertumbuhan itu meningkat 35% setiap tahun.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)