Pasar Elektronik Kuartal I di Semarang Membaik

Rabu, 20 April 2016 - 19:19 WIB
Pasar Elektronik Kuartal I di Semarang Membaik
Pasar Elektronik Kuartal I di Semarang Membaik
A A A
SEMARANG - Pasar Elektronik di Kota Semarang pada kuartal satu tahun ini tumbuh cukup baik. Setidaknya untuk produk-produk kelas premium, atau kelas menengah keatas.

Managing Director Superstore Global Elektronik Semarang, Gouw Andy Siswanto, mengatakan, pada kuwartal pertama terjadi peningkatan penjualan sekitar 20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Peningkatan itu terjadi khususnya untuk produk-produk premium. Karena untuk orang-orang kelas menengah keatas tidak ada masalah dengan daya beli,” katanya, di sela pembukaan pameran Hometech di toko Global Elektronik, Rabu (20/4/2016).

Dikatakannya,untuk produk-produk low and atau produk kelas menengah ke bawah, juga tetap mengalami peningkatan meski tidak sebesar produk premium. Untuk antisipasi daya beli yang lesu khususnya untuk produk-produk midle low, pihaknya memperbayak kerjasama dengan lembaga pembiayaan kredit diluar bank.

“Sekarang ada enam lembaga pembiayaan, diantaranya Home Credit, FIF (Spektra), Kredit Plus, Mega Zip, AEON, dan BAF,”katanya.

Menurutnya, dengan memperbanyak kerjasama dengan lembaga pembiayaan akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk elektronik sesuai dengan yang diinginkan.

”Sekarang sudah lebih mudah, karena cukup dengan KTP, KK, dan juga slip gaji, sudah bisa membawa pulang produk elektronik,” ujarnya.

Branch Manager PT Sharp Electronics Indonesia Semarang Anton Fatoni mengakui, penjualan elektronik saat ini sudah mengalami pertumbuhan. Dia mengaku, setidaknya, pada Maret lalu penjualannya mengalami kenaikan sekitar 10% dibandingkan bulan sebelumnya. “Produk yang masih menjadi favorit adalah Kulkas dan AC, serta mesin cuci,” katanya.

Sementara itu terkait dengan pameran HomeTech 2016, didukung merek Sharp, Samsung, Midea, Sanken, Toshiba Pro Theatre, AC Daikin, dan TCL. Konsumen elektronik datang untuk mengetahui harga terkini dan cara pembayaran.

Melihat antusiasme pengunjung pameran tematik HomeTech 2016, yang waktunya bersamaan dengan Pesona Semarang Great Sale 2016 (Semargres 2016), panitia penyelenggara telah menyediakan beragam hadiah undian mobil, sepeda motor, perangkat elektronik televisi, lemari es, air conditioner, mesin cuci, air-o-swiss, car air cleaner, DVD player, rice cooker, setrika dan masih banyak lagi.

“Selain itu potongan harga berupa cashback total Rp30.000.000 dari Samsung Electronics, premium gift, merchandis,” kata ketua penyelenggara pameran tematik HomeTech 2016, Harwiyono
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2330 seconds (0.1#10.140)