Penjualan Produk Elektronik Lesu

Minggu, 27 Maret 2016 - 23:16 WIB
Penjualan Produk Elektronik Lesu
Penjualan Produk Elektronik Lesu
A A A
SURABAYA - Kondisi ekonomi yang belum stabil membuat penjualan produk elektronik di Surabaya, Jawa Timur tidak bisa berkembang. Target penjualan yang ditetapkan meleset karena konsumen menahan pembelian.

Fakta ini membuat industri elektronik kebingungan, mereka memutuskan untuk membuat event sebagai upaya mendongkrak penjualan. Mereka berharap tahun ini penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 30% hingga 40%.

“Kami berharap ada peningkatan penjualan 30% sampai 40%, kami sadar kondisi ekonomi masih stagnan,” ujar Store Manager PT Prima Sukses Elektronik, Christy Lydia di Surabaya, Minggu (27/3/2016).

Christy mengungkapkan, kondisi penjualan elektronik saat ini masih belum bisa berkembang dengan positif. Hal ini dipengaruhi kondisi ekonomi yang belum menunjukkan tanda-tanda ke arah yang lebih baik. Bahkan, untuk setiap bulannya target yang ditetapkan perusahaan masih meleset.

Untuk Prima Elektronik, lanjut dia, target yang ditetapkan setiap bulan sebesar Rp1,5 miliar hingga Rp1,7 miliar. Namun, pendapatan setiap bulannya tidak memenuhi target, hanya sebesar Rp1,1 miliar untuk transaksi ritel. Sementara transaksi grosir, pendapatan yang diperoleh per bulan sekitar Rp300 juta.

“Target penjualan kami masih kurang, banyak konsumen yang menahan pembelian. Ini tantangan bagi kami, kami harus melakukan inovasi untuk menarik pembeli,” ujarnya.

Salah satu event yang sedang dilakukan untuk mendongkrak penjualan adalah memberikan potongan harga sesuai dengan tanggal lahir. Bagi konsumen yang melakukan transaksi, mereka mendapatkan potongan harga sesuai dengan tanggal lahirnya, berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu.

Potongan harga ini hanya berlaku untuk produk Samsung dan Sharp, mulai 25 hingga 31 Maret 2016. Melalui upaya ini, trafik pembelian mengalami peningkatan sekitar 15%. Jumlah ini diketahui dengan perbandingan penjualan pekan ini dan minggu lalu. “Dua produk ini (Samsung dan Sharp) memang sedang banting harga, kita ingin menghabiskan stok lama yang ada,” paparnya.

Christy menerangkan, saat ini ada 10 item produk yang mendapatkan potongan hingga Rp300 ribu secara langsung. Produk tersebut berupa TV LED, Home Theater in The Box, dan Active Speaker. “Pokoknya pembeli tinggal bawa KTP, potongan langsung kami berikan sesuai tanggal lahir,” jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9891 seconds (0.1#10.140)