Perlukah Memanaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari

Rabu, 09 Desember 2015 - 13:38 WIB
Perlukah Memanaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari
Perlukah Memanaskan Mesin Kendaraan di Pagi Hari
A A A
Saat ini masih banyak orang yang salah pengertian dengan melakukan memanaskan mobil di pagi hari dan menjadi rutinitas. Ya, memang perlu memanaskan kendaraan Anda saat tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

Sebenarnya memanaskan mesin dipagi hari ini tujuannya membuat mesin bekerja pada suhu kerja 80-90 derajat. Serta bertujuan agar oli pelumas bersirkulasi dengan merata sebelum kendaraan digunakan.

Sayangnya banyak yang belum mengerti, bukan membuat mesin cepat panas malah mesin dihidupkan pada putaran tinggi. Idealnya dalam memanaskan mesin ini dalam keadaan stasioner atau tidak menambah gas tidak.

Dengan perkembangan teknologi, saat ini kendaraan keluaran baru sudah menggunakan teknologi fuel injection, apakah memanaskan kendaraan masih perlu?

Teknologi injeksi menggunakan sistem kontrol elektronik, maka kebutuhan bahan bakar sudah diatur dalam segala kondisi. Jadi sebetulnya tidak begitu penting lagi proses pemanasan mesin untuk didapatkan suhu kerja mesin.

Namun bila ini msudah menjadi kebiasaan, panaskan mesin jangan terlalu lama, cukup 1 menit saja. Karena bila terlalu lama hanya menimbulkan dampak negatif.

Karena meskipun dalam kondisi stasioner mesin tetap mengkonsumsi bahan bakar dan akan terbuang percuma. Bahkan dampak yang lebih berbahaya gas buang yang keluar dari knalpot, mengandung gas-gas yang berbahaya seperti HC, Nox,Co2.

Jika anda memanaskan mobil dalam waktu yang lama, sementara kendaraan diam ditempat secara otomatis tempat anda akan dipenuhi oleh gas-gas beracun. Apalagi ada yang memanaskan kendaraan di dalam ruangan, tentu hal ini sangat berbahaya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7096 seconds (0.1#10.140)