Google Kasih Peringatan Buat Pesan Tidak Terenkripsi

Sabtu, 14 November 2015 - 10:36 WIB
Google Kasih Peringatan...
Google Kasih Peringatan Buat Pesan Tidak Terenkripsi
A A A
MOUNTAIN VIEW - Ketika mengklik email, sebagian besar pengguna tidak berpikir panjang tentang proses pengiriman pesan hingga masuk ke kotak pesan Anda. Ternyata, beberapa penyedia email mengirimkan konten melalui koneksi yang tidak terenkripsi. Sebagai bentuk antisipasi demi keamanan pengguna, kini Google akan memberikan peringatan kepada pemilik akun Gmail terhadpa hal ini.

Dikutip dari Pcmag, Sabtu (14/11/2015), Google sudah default ke HTTPS pada Pencarian, Gmail, Drive dan mulai mengenkripsi semua pesan yang masuk di Gmail mulai tahun lalu. Google menjabarkan, pesar yang terenkripsi semakin meningkat jumlahnya.

Sejak 2013, jumlah email Gmail yang terenkripsi diterima dari pengirim non Gmail meningkat dari 33% menjadi 61%. Dan sekitar 39% diantaranya telah diberi peringatan oleh Google.

"Peringatan ini tidak berfungsi untuk sesama Gmail, untuk sementara waktu," ujar peneliti Elie Bursztein dan insinyur Nicolas Lidzborski dalam sebuah posting blog.

Statistik mereka ini merupakan hasil dari studi beberapa tahun pada evolusi keamanan email. Kini email yang masuk lebih terlindungi dibandingkan dua tahun yang lalu.

Namun sebuah studi menemukan masalah keamanan baru. Beberapa daerah Internet mengganggu pesan terenkripsi, dengan cara merusak permintaan untuk memulai koneksi SSL.

Google juga menemukan server DNS jahat yang menerbitkan informasi routing palsu ke email server. Sehingga memungkinkan penyerang menyensor atau mengubah pesan, sebelum mereka tiba di kotak masuk pemilik akun.

"Ancaman keamanan tidak akan hilang, namun studi seperti ini memungkinkan penyedia seluruh industri melawan mereka dengan lebih baik, prediksi yang lebih kuat saat ini dan ke depan," kata Bursztein dan Lidzborski.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)