Supaya Nyaman Pilihlah Jenis Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan

Rabu, 14 Oktober 2015 - 07:38 WIB
Supaya Nyaman Pilihlah Jenis Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan
Supaya Nyaman Pilihlah Jenis Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan
A A A
JAKARTA - Penggunaan ban sepeda motor untuk harian tentunya tidak boleh menggunakan tipe ban yang asal-asalan. Sebab sepeda motor setiap harinya pasti akan menemukan kondisi jalan yang berbeda-beda baik kondisi basah, kering, berlubang atau berbatu. Oleh karena itu dibutuhkan ketelitian dalam memilih ban untuk sepeda motor yang Anda miliki.

"Agar mendapatkan kenyamanan dalam berkendara sebaiknya pengendara memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan sehari-hari. Untuk penggunaan sehari-hari sebaiknya pilih ban dengan coumpond (tidak terlalu keras atau terlalu lunak). Tujuan dari hal ini adalah agar grip pada ban memiliki kinerja yang lebih baik pada saat berada di jalan, selain itu hal ini juga berdampak pada masa pakai ban yang lebih lama," Ujar Manager Markom Planet Ban saat dihubungi Sindonews, Bagus Ardian, Selasa (13/10/2015).

Bagus menambahkan, sebaiknya pengendara sepeda motor juga memilih ban yang alur bannya banyak dan dalam. Fungsinya adalah ketika motor melintasi jalan yang basah, air yang terdapat pada ban dapat lebih cepat turun dari permukaan ban dan dapat menghindari resiko Aquaplaning. Hal ini merupakan kondisi dimana lapisan air terbentuk antara permukaan jalan dan menyebabkan ban kehilangan traksi sehingga pengendara kehilangan kendali motor, ujar Bagus.

Selain itu pilihlah ban dengan merk yang sudah terpercaya, karena mereka biasanya sangat memerhatikan unsur keselamatan, lalu gunakanlah size ukuran ban yang sudah ditentukan oleh pabrikan motor sebab akan lebih baik dalam hal pengendalian dan yang terkahir perhatikan tekanan angin pada ban, lakukan pengecekan tekanan angin minimal 1 bulan sekali, pungkas Bagus.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7022 seconds (0.1#10.140)
pixels