Tips Mengenali Oli Rem Mobil

Senin, 05 Oktober 2015 - 14:51 WIB
Tips Mengenali Oli Rem Mobil
Tips Mengenali Oli Rem Mobil
A A A
SISTEM rem dirancang untuk mengurangi kecepatan atau memperlambat dan menghentikan kendaraan. Untuk pengoperasiannya, hendaknya kita harus tahu lebih banyak soal oli yang sesuai dengan rem kendaraan tersebut. Sistem rem kendaraan, memanfaatkan tenaga hydraulic untuk menggerakkan master cylinder kemudian akan mengaktifkan rem pada roda.

"Oli yang digunakan pada sistem rem adalah oli khusus dan bukan sekedar hanya berfungsi sebagai pelumas saja," kata Montir Bengkel dibilangan Cilincing, AJM Arief Jaya Motor dan Mobil, Arief Pratono yang akrap dipanggil Mbah Gonjor kepada Sindonews, di Jakarta, Senin (5/10/2015).

Tugas oli rem utamanya adalah menjadi media perantara yang mentrasmisikan tenaga hydraulic ke seluruh sistem rem. Berikut beberapa jenis oli rem yang wajib diketahui pengguna mobil agar bisa lebih tahu dalam pemanfaatannya.

Standar spesifikasi oli rem, mengacu pada united states Department of Transportation (DOT) dan spesifikasinya adalah DOT 2, DOT 3, DOT 4, DOT 5 dan DOT 5.1. Semakin tinggi angka DOT pada oli rem, menunjukkan angka titik didihnya semakin tinggi

Untuk DOT 2, menggunakan bahan dasar castor oli (minyak jarak). DOT 3 dan DOT 4 terbuat dari bahan dasar glycol yang juga dipakai sebagai bahan dasar untuk radiator coolant dan pengencer cat.

Sedangkan DOT 5, bahan dasarnya menggunakan silicone dan tidak dapat saling pakai dengan oli rem berbasis glycol dan juga sebaliknya. Serta DOT 5.1 memiliki sifat aliran yang lebih baik dibanding yang lain, sehingga cocok untuk sistem rem dengan ABS.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7298 seconds (0.1#10.140)