Anti Produk Barat, China Buat NeoKylin Pengganti Windows

Senin, 28 September 2015 - 19:30 WIB
Anti Produk Barat, China Buat NeoKylin Pengganti Windows
Anti Produk Barat, China Buat NeoKylin Pengganti Windows
A A A
TAIPE - Tiongkok ingin sepenuhnya terbebas dari produk buatan luar termasuk Microsoft. Karena, sebuah sistem operasi asli buatan mereka yang diberi nama NeoKylin diberitakan semakin populer dan diadopsi secara meluas sebagai alternatif Windows.

Sistem operasi Kylin tersebut jika di perhatikan dengan teliti, mulai dari start menu, taskbar, desktop, desain ikon folder, recycle bin hingga layout login sangat mirip dengan Windows XP, walau telah dipoles dengan warna yang berbeda.

Dilansir dari theverge, Senin (28/9/2015), NeoKylin juga menyertakan software office alternatif dari Word, Excel dan Powerpoint tapi dengan interface dan fitur yang hampir mirip dengan software bawaan Microsoft Office tersebut.

Pemerintah Tiongkok telah memblokir Windows 8, secara langsung hanya Windows XP yang digunakan oleh lembaga pemerintahan di sana meski Microsoft tidak memberikan dukungan updatenya.

Tiongkok tidaklah bersahabat untuk produk buatan dari negara barat. Alasannya karena faktor keamanan, pemerintah Tiongkok anggap Windows 8 dapat dimanfaatkan sebagai alat mata-mata yang berpotensi mengancam keamanan negaranya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6214 seconds (0.1#10.140)