Trafik Data Indosat Melonjak 232%

Jum'at, 24 Juli 2015 - 22:44 WIB
Trafik Data Indosat Melonjak 232%
Trafik Data Indosat Melonjak 232%
A A A
SEMARANG - Indosat mencatat lonjakan trafik data selama Lebaran mencapai 232,36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara trafik SMS pada hari H Lebaran meningkat 44,43%.

Director and Chief Technology Officer Indosat, John Martin Thompson mengatakan, trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 596.46 terabyte/hari, atau naik 30,6%, dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Peningkatkan trafik SMS di hari H meningkat menjadi sekitar 941.93 juta SMS, atau naik 34,96% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. "Sedangkan keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94,6%, yang berarti tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat,” ujarnya, Jumat (24/7/2015).

Dia mengatakan, tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 92,67% walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator. “Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sumatera Utara (146.69%), Kalimantan (89.55%), dan Sumatera Selatan (86,17%)," imbuhnya.

Indosat sebagai anggota dari Grup Ooredoo, mengklaim telah sukses melayani seluruh pelanggan selama masa mudik Lebaran 2015. Seluruh pelanggan tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman walaupun terjadi kenaikan trafik telekomunikasi.

Menurutnya, dari sisi kesiapan jaringan selular Indosat untuk masa mudik Lebaran 2015 tidak terlepas dari Program Modernisasi Jaringan yang telah dilakukan di berbagai kota seluruh Indonesia. Hal ini termasuk kota-kota tujuan mudik baik di Jawa maupun luar Jawa.

Khusus dari sisi kapasitas jaringan menghadapi mudik Lebaran, kapasitas seluruh layanan selular baik suara (voice), SMS maupun data, ditingkatkan sesuai dengan prediksi dan potensi kenaikan yang akan terjadi.

“Untuk layanan suara (voice) dinaikkan kapasitasnya menjadi 39 juta erlang/hari, untuk layanan SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 miliar SMS/hari, serta untuk data Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 terabyte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional,” bebernya.

Head of Sales Central Java and DIY Indosat, Nanang Tri Suseno menambahkan, Indosat telah melakukan upgrade Base tranceiver station (BTS) 3G di wilayah Jawa Tengah dalam menghadapi lonjakan trafik, baik data, voice maupun SMS selama Ramadan dan Lebaran.

“Kami berterima kasih atas kesetiaan pelanggan Indosat yang terus menggunakan layanan kami dan tetap berkomunikasi dengan nyaman selama mudik Lebaran,” tandasnya.

Baca juga:

Indosat Siap Gelar 4G-LTE di Seluruh Indonesia

Pelanggan Indosat Dapat Tiga Penawaran Asuransi Adira
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1210 seconds (0.1#10.140)