Minum Air Sangat Penting Saat Perjalanan Mudik

Selasa, 21 Juli 2015 - 12:16 WIB
Minum Air Sangat Penting Saat Perjalanan Mudik
Minum Air Sangat Penting Saat Perjalanan Mudik
A A A
JANGAN remehkan masalah dehidrasi, apalagi saat mengendarai kendaraan. Musim mudik ini waspadai bagi pengendara motor yang melakukan mudik dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Tubuh manusia banyak mengandung air, sebagi informasi rata-rata tubuh manusia terdiri 30-40 liter air. Apalagi saat ini di Indonesia sedang musim kemarau. Bagi Anda yang melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor, kebutuhan air minum sangat penting mengingat tubuh manusia harus tetap terjaga kadar airnya.

Air mempunyai fungsi vital bagi tubuh di antaranya: menyalurkan kebutuhan nutrisi tubuh dan membuang sisa metabolisme yang bersifat racun jika menumpuk. Tugas penting lainnya menjaga tekanan darah tetap normal, melindungi dan melumasi organ gerak, mengatur suhu tubuh, dan mengurangi risiko heat stroke.

Saat udara panas, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan keringat, untuk mendinginkan tubuh. Jadi sangat penting untuk segera minum air untuk menggantikan keringat yang keluar.

Menurut para ahli, paling tidak setiap harinya manusia butuh 2 liter air, namun dalam kondisi berkendara jarak jauh, lebih bijak jika menambahkan 1 liter atau lebih air minum.

Yang perlu dihindari, hindari minum yang mengandung alkohol, kopi atau teh yang justru akan mempercepat dehidrasi. Sebab minuman tersebut mengandung diuretika, yang menyebabkan sering buang air kecil.

Lebih baik pilih minuman yang mengandung elektrolit atau jus buah kadar gula rendah. Agar perjalanan mudik Anda lebih nyaman dan aman dari sisi kesehatan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9231 seconds (0.1#10.140)
pixels