Keamanan WhatsApps Tidak Terjamin

Kamis, 25 Juni 2015 - 18:14 WIB
Keamanan WhatsApps Tidak Terjamin
Keamanan WhatsApps Tidak Terjamin
A A A
MOUNTAIN VIEW - Langkah WhatsApps melakukan enkripsi ternyata tidak sepenuhnya aman. Seorang peneliti asal Jerman menyimpulkan hal ini setelah mempelajari enkripsi WhatsApps.

Dikutip dari Whatsappdownloadcenter, Kamis (25/6/2015), sejak tahun lalu WhatsApps menawarkan end-to-end enkripsi untuk layanan pesan instan. Hal tersebut merupakan hasil kepekatan dari kerja sama yang dilakukan perusahaan pesan instan tersebut dengan Open Whisper Systems.

Perusahaan itu menjanjikan akan membuat Teks SMS klien terenkripsi aman. Sayang, menurut para peneliti tingkat keamanan WhatsApps tidak dapat dipercaya.

Para peneliti melihat, pesan terenkripsi di WhatsApps akan tercipta keamanan berlebihan di iPhone. Justru, untuk WhatsApps versi Android yang terkena dampaknya.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa enkripsi WhatsApp Aman Teks, yang dikembangkan Moxie Marlinspike, dapat digunakan tapi implementasinya tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Meskipun begitu, Open Text Secure dari Open Whisper Systems berpendapat, apalikasi chat yang dienkripsi pengguna hanya tersedia untuk pengirim dan penerima.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8116 seconds (0.1#10.140)