Beli Mobil Bekas untuk Mudik, Lakukan Servis Ringan

Rabu, 24 Juni 2015 - 17:41 WIB
Beli Mobil Bekas untuk Mudik, Lakukan Servis Ringan
Beli Mobil Bekas untuk Mudik, Lakukan Servis Ringan
A A A
SEBULAN jelang lebaran biasanya penjualan mobil cukup ramai baik mobil baru maupun bekas. Mereka membeli mobil biasanya untuk persiapan mudik. Bagi mobil baru tidak ada masalah, mereka bisa menggunakan langsung untuk mudik. (Baca juga: Tiga Hal Penyeban Ban Cepat Tipis)

Namun untuk mobil bekas pastinya harus melakukan persiapan bila ingin digunakan untuk mudik. Sebelum membeli mobil bekas tentunya telah dilakukan pemilihan yang teliti dan cermat, untuk mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang sangat baik.

Meski demikian, tetap saja untuk memaksimalkan kondisi mobil bekas yang baru di beli, ada baiknya kita melakukan penggantian atas beberapa komponen penting. Berikut ini beberapa daftar komponen yang sebaiknya diganti sesaat setelah anda membeli mobil bekas.

Lakukan Servis Ringan (Tune Up)
Tak ada salahnya membawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan Anda untuk meyakinkan kondisi mobil. Dengan asumsi memilih mobil yang kondisinya sehat, maka Anda hanya perlu servis ringan yang tidak memakan waktu dan biaya terlalu besar. Biasanya, saat servis ringan ini mobil akan di tune up agar mobil kembali ke performanya yang optimal.

Mengganti Oli
Saat melakukan servis ringan, jangan lupa meminta montir untuk melakukan penggantian oli atau pelumas. Diantaranya pelumas yang dapat anda ganti adalah oli mesin, oli transmisi, oli power steering, oli gardan dan juga oli rem. Ini untuk mengantisipasi karena Anda melakukan perjalanan jauh.

Mengganti Accu / Aki mobil
Penggantian komponen kelistrikan yang satu ini memang tidak terlalu diwajibkan. Tapi bila memperoleh mobil dengan aki yang kurang baik sebaiknya diganti dengan yang baru. Maka perjalanan Anda akan lebih nyaman di perjalanan karena. Tak perlu khawatir mobil tiba-tiba mogok karena masalah kelistrikan.

Mengganti Saringan Oli dan Udara
Untuk mengembalikan mobil ke kondisi maksimal adalah mengganti saringan oli dan juga saringan udara. Saringan tersebut adalah komponen yang sangat membantu untuk membuat bagian dalam mesin terhindar dari debu.

Jangan lupa saat melakukan servis ringan atau tune up, minta bantuan montir untuk memeriksakan kondisi komponen pendukung lainnya apakah masih baik dan layak untuk digunakan misalnya kondisi ban. Dengan cara ini, maka mobil bekas anda akan menjadi lebih nyaman dan tidak kalah performanya dengan mobil baru. Semoga bermanfaat.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8332 seconds (0.1#10.140)