Trikomsel-SingPost Bentuk JV Manfaatkan Bisnis e-Commerce

Jum'at, 19 Juni 2015 - 12:39 WIB
Trikomsel-SingPost Bentuk JV Manfaatkan Bisnis e-Commerce
Trikomsel-SingPost Bentuk JV Manfaatkan Bisnis e-Commerce
A A A
JAKARTA - Melanjutkan pengembangan bisnis, khususnya dibidang e-Commerce yang sedang berkembang pesat di Indonesia, PT Trikomsel Oke Tbk (Trikomsel), mengumumkan telah membentuk perusahaan patungan (Joint Venture /JV) bernama PT Trio SPecommerce Indonesia (TSI).

Perusahaan patungan ini dibentuk bersama dengan SingPost, perusahaan terkemuka penyedia logistik perdagangan elektronik atau online (e-Commerce) di Asia. Komposisi kepemilikan saham, yakni 67% dimiliki Trikomsel dan 33% dimiliki SingPost.

TSI akan menjadi penyedia solusi omni channel e-Commerce bagi perusahaan-perusahaan global terkemuka dan merek-merek terkenal di Indonesia. Dengan dukungan Trikomsel yang memiliki kelebihan dalam jaringan distribusi luas di Indonesia dan SingPost memiliki keahlian dalam operasional logistik dan e-Commerce secara regional, akan tercipta solusi layanan bisnis e-Commerce yang lengkap dan memberikan kepuasan berbelanja online bagi para konsumen.

Untuk mendukung bisnis ini dalam bidang jasa pergudangan dan pemrosesan order e-Commerce, kedua belah pihak mengadakan Perjanjian bersyarat pembelian saham PT Quantium Solutions Logistics Indonesia, sebuah perusahaan logistik di Indonesia.

"Dengan inovasi dan memberikan layanan e-Commerce enabler yang handal termasuk penggunaan teknologi, operasi toko online, pemasaran digital, pembayaran, pergudangan, pengiriman dan pasca penjualan yang didukung oleh SingPost dan Trikomsel, perusahaan berkeyakinan akan menjadikan TSI sebagai perusahaan yang handal di Indonesia sebagai e-Commerce enabler," ujar Direktur TSI, Andreas Thamrin.

Sementara itu, Presiden Direktur Trikomsel, Sugiono Wiyono mengatakan, pembentukan perusahaan patungan ini akan melengkapi jaringan Trikomsel yang telah ada baik jaringan ritel maupun jaringan distribusi yang telah melayani ribuan peritel independen di seluruh Indonesia. "Kami antusias, bersama SingPost, perusahaan ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi kedua belah pihak dan pertumbuhan bisnis e-Commerce di Indonesia," ucapnya lagi.

Group Chief Executive Officer SingPost, Dr Wolfgang Baier mengatakan, Indonesia diharapkan akan menjadi konsumen terbesar ketiga di dunia setelah China dan India serta ekonomi urutan ketujuh terbesar di seluruh dunia. "Sebagai perusahaan regional yang mendorong pertumbuhan e-Commerce, penting bagi kami untuk menemukan rekan bisnis yang baik di pasar negara berkembang," pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7391 seconds (0.1#10.140)