Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan dan Bujet di 2023

Sabtu, 14 Januari 2023 - 22:00 WIB
loading...
Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan dan Bujet di 2023
Tips memilih smartphone penting untuk dipahami agar konsumen tidak keliru. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Tahun baru HP baru. Ini tentu wajar. Selain sebagai penyemangat bekerja atau belajar, di awal tahun banyak sekali HP-HP keluaran 2022 yang mengalami potongan harga cukup drastis.

Meski demikian, tetpa saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli HP baru. Ini penting dicermati guna memastikan perangkat yang dipilih sudah sesuai kebutuhan dan bujet. Nah, berikut adalah tips memilih HP di 2023:

1. Tentukan bujet
Langkah pertama sebelum membeli smartphone baru adalah menentukan bujet atau anggaran. Ada banyak pilihan tersedia di pasaran dengan harga beragam. Jadi, penting untuk menetapkan bujet di awal untuk mempersempit pilihan.

2. Pertimbangkan ukuran
Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan dan Bujet di 2023

Selanjutnya adalah tentukan ukuran smartphone, sesuaikan dengan kebutuhan apakah membutuhkan smartphone berukuran kecil yang mudah dibawa-bawa atau yang besar untuk konsumsi media. Pilih yang paling nyaman untuk digunakan sehari-hari.

3. Cari prosesor yang bagus
Prosesor adalah otak smartphone, fungsinya untuk menjalankan semua pemrosesan aplikasi. Prosesor yang baik akan memastikan smartphone berjalan lancar dan efisien. Cari smartphone dengan prosesor terbaru atau terbaik di kelasnya.

4. Perhatikan fitur kamera
Kamera pada smartphone menjadi fitur yang semakin penting. Karena banyak orang menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan video. Cari smartphone dengan kamera bagus, termasuk fitur seperti banyak lensa, jumlah megapiksel tinggi, dan stabilisasi gambar optik.

5. Cek masa pakai baterai
Smartphone dengan masa pakai baterai yang lama menjadi pilihan terbaik, terutama jika memiliki mobilitas yang tinggi. Pilih lah smartphone dengan kapasitas baterai besar, serta fitur seperti fast charging dan wireless charging. Kecepatan charging ini sangat penting dalam pemakaian, tentu samakin tinggi semakin baik. Misalnya ada yang 33W hingga 120W.

BACA JUGA: Waspada Modus Penipuan Baru lewat Indihome, Inikah Dampak Kebocoran Data?

6. Kapasitas penyimpanan
Pastikan smartphone yang diplih memiliki penyimpanan yang cukup untuk menampung semua aplikasi, foto, dan media lainnya. Jika dirasa membutuhkan lebih banyak penyimpanan, cari smartphone dengan tambahan slot kartu microSD. 128 GB cukup jika Anda tidak terlalu aktif membuat konten. Sementara 256 GB minimal bagi Anda yang aktif memotret/merekam video.

7. Lihat ulasan
Sebelum melakukan pembelian, pastikan untuk membaca atau menonton ulasan dari orang lain. Fungsinya, untuk menimbang kelemahan dan keunggulan dari smartphone. Jangan hanya percaya pada 1 orang reviewer saja, tapi juga beberapalainnya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.97#12.26)