Fitur iPhone 15 Pro yang Eksklusif dan Menarik

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:37 WIB
loading...
Fitur iPhone 15 Pro yang Eksklusif dan Menarik
Fitur iPhone 15 Pro yang eksklusif dan menarik penting dipahami. Foto: Reuters/Carlos Barriaa
A A A
JAKARTA - Fitur iPhone 15 Pro yang eksklusif dan menarik penting dipahami mereka yang mungkin belum ingin membeli iPhone 14 Pro atau 14 Pro Max. Namun, lebih memilih untuk menunggu iPhone 15 Pro yang akan dirilis pada September 2023.

Sebab, banyak bocoran yang menyebut bahwa iPhone 15 Pro akan memiliki banyak sekali fitur baru, termasuk desain yang juga berubah. Ya, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max memang punya fitur baru Dynamic Island yang semakin mempertegas perbedaan versi Pro dan non Pro.

Tapi, sebenarnya fitur tersebut memberikan 2 reaksi dari pengguna. Pertama, yang menganggapnya benar-benar berguna. Kedua, yang menganggapnya hanya gimmick. Tapi, tidak berdampak besar pada penggunaan sehari-hari.

Nah, di iPhone 15 series, pembaruan yang diberikan Apple diperkirakan lebih banyak dan signifikan lagi.

Fitur iPhone 15 Pro yang Eksklusif dan Menarik

Laman MacRumors menyebut ada sejumlah fitur baru dan eksklusif yang nantinya akan disematkan di iPhone 15 series. Apa saja?

1. Chipset Baru
Di iPhone 15 Pro dan Pro Max, tentu Apple akan memberikan chipset baru yakni A17 Bionic. Bocoran dari Nikkei Asia menyebut bahwa chipset A17 Bionic akan menggunakan proses 3 Nm TSMC.

2. Kamera Periskop
Samsung mulai menggunakan kamera Periscope di Galaxy S21. Nah, di iPhone 15 Pro dan Pro Max, Apple akan menggunakan teknologi kamera periskop telefoto untuk kali pertama. Apa dampaknya? Pengguna Apple akan bisa melakukan perbesar 10x optical zoom dengan kualitas yang tidak berkurang. Jauh dari fitur iPhone 14 Pro yang hanya 3x optical zoom.

3. RAM Lebih Besar
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masih mengusung RAM 6 GB. Nah, di iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max kemungkinan akan memakai RAM 8 GB, ini untuk menunjang chipset A17 yang cepat.

Berbeda dengan Android, selama ini Apple tidak butuh RAM besar karena sistem tertutup Apple yang memungkinkan menghadirkan performa cepat dengan RAM minimum.



4. USB-C
Apple akhirnya mulai beralih dari selot Lightning ke USB C. Agaknya, selot ini hanya eksklusif untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Sedangkan untuk iPhone 15 lainnya masih tetap dengan konektor Lighting.

5. Tombol Tambahan
Pembocor Apple Ming-Chi Kuo mengatakan, iPhone 15 Pro akan memiliki tombol volume dan daya solid-state. Juga, frame dari Titanium. Lainnya itu, ada 2 Taptic Engine tambahan yang memberikan haptic feedbeck. Ini memberikan rasa menekan tombol fisik biasa, mirip dengan trackpad di MacBookterbaru.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)