Serangan Siber Diprediksi Semakin Membabi Buta pada 2023

Jum'at, 30 Desember 2022 - 20:43 WIB
loading...
Serangan Siber Diprediksi Semakin Membabi Buta pada 2023
Ilustrasi Serangan siber berkeliaran di segala bidang. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Ancaman siber diprediksi meningkat pesat pada tahun 2023 mendatang. Hal ini disampaikan perusahaan keamanan siber yang bermarkas di Switzerland dan Singapore, Acronis.



Dihimpun dari Techradar, Jumat (30/12/2022), Acronis memprediksi ancaman siber dari email jahat dan phishing naik 60%. Selain itu, serangan rekayasa sosial juga meningkat mencapai sekitar 3%.

Acronis juga mengungkap bahwa kata sandi yang bocor atau dicuri dan kredensial lainnya menjadi pemicu hampir setengah dari semua insiden keamanan siber yang dilaporkan pada paruh pertama 2022.

Pada kuartal ketiga tahun ini, proporsi serangan phishing terhadap serangan malware meningkat 1,3 kali lipat, dan sekarang menjadi lebih dari tiga perempat (76%) dari semua serangan email naik dari 58% pada paruh pertama tahun ini.

Lebih buruknya lagi, berdasarkan data yang dikumpulkan dari lebih dari 750.000 endpoint unik di seluruh dunia, perusahaan mengklaim biaya rata-rata pelanggaran data diperkirakan mencapai $5 juta pada tahun depan.

“Beberapa bulan terakhir telah terbukti serumit sebelumnya dengan ancaman baru yang terus muncul dan pelaku terus menggunakan metode yang lebih runit,” kata Candid Wüest, Wakil Presiden Riset Perlindungan Cyber Acronis.

"Organisasi harus memprioritaskan solusi yang mencakup semua ketika ingin mengurangi phishing dan upaya peretasan lainnya di tahun baru. Penyerang terus mengembangkan metode mereka," lanjutnya.

Candid menyebut para penjahat siber sekarang menggunakan alat keamanan umum untuk melumpuhkan korban seperti MFA yang diandalkan banyak perusahaan untuk melindungi karyawan dan bisnis mereka.

Acronis mencatat sebagian besar korban berlokasi di Amerika Serikat, tetapi bisnis di Jerman dan Brasil juga menjadi sasaran berat. Titik akhir di Korea Selatan, Yordania, dan China, juga merupakan target malware terbesar.

Berbagai industri yang menjadi sasaran pelaku ancaman dengan phishing dan email jahat, para peneliti menemukan konstruksi, ritel, real estat, layanan profesional, dan keuangan, sebagai vertikal yang paling sering diserang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)