Pengertian Internet Lokal dan Cara Menggunakannya

Kamis, 22 Desember 2022 - 16:27 WIB
loading...
Pengertian Internet Lokal dan Cara Menggunakannya
Pengertian internet lokal dan cara menggunakannya penting untuk diketahui. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Pengertian internet lokal dan bagaimana cara menggunakannya menarik untuk diulas. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak pengguna yang masih bingung dengan maksud layanan tersebut.

Untuk diketahui, internet lokal sendiri telah dihadirkan oleh masing-masing provider seluler dengan penggunaan nama yang berbeda-beda. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah pengertian internet lokal.

Internet lokal merupakan layanan internet yang hanya dapat digunakan di wilayah terbatas sesuai dengan aktivasi nomor.

Internet lokal jelas berbeda dengan internet regular, di mana layanan internet regular jangkauannya sangat luas, bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
Jadi, jika aktivasi internet lokal dilakukan Jakarta, maka akses internet hanya bisa didapat di wilayah tersebut. Ketika bergeser ke wilayah jangkauan lain, maka layanan internet lokal tidak bisa digunakan.

Konsumsi pemakaian internet akan dialihkan ke jenis kuota lain, seperti kuota internet reguler atau memotong pulsa secara langsung sesuai dengan tarif yang berlaku jika tidak memiliki kuota lain.

Begitu pun jika bergeser ke wilayah perbatasan kota, kuota yang digunakan tidak dapat dipastikan secara akurat karena tergantung dengan jaringan yang melayani dan faktor-faktor lainnya, seperti cuaca, dan sebagainya.



Untuk aktivasi layanan internet lokal berbeda-beda setiap providernya. Yang jelas, internet lokal biasanya tidak berdiri sendiri, melainkan tergabung sebagai salah satu benefit bersama dengan beberapa jenis paket yang tersedia.

Menggunakan internet lokal umumnya tidak memerlukan pengaturan apapu. Pelanggan bisa langsung memanfaatkannya setelah berhasil mengaktifkan paket data yang menawarkan benefit internet lokaldidalamnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)