5 Aplikasi Pembuat Game untuk Kelas Daring

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:44 WIB
loading...
5 Aplikasi Pembuat Game untuk Kelas Daring
5 Aplikasi pembuat game agar belajar mengajar tidak membosankan . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Aplikasi pembuat game untuk kelas daring bisa menambah kreativitas anak yang mulai digunakan para guru guna menghilangkan jenuh murid.



Untuk menjalankan metode ini tentunya membutuhkan aplikasi pembuat games untuk kelas daring.

Berikut adalah beberapa aplikasi pembuat games yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk membuat game atau kuis kelas daring.

1. Kahoot!

Kahoot merupakan aplikasi pembelajaran berbasis game yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas pembelajaran. Aplikasi ini biasanya digunakan dalam lomba cerdas cermat.

Cara kerja aplikasi ini adalah semakin cepat peserta menjawab, maka akan mendapatkan poin atau nilai yang lebih besar. Soal yang tersedia di aplikasi ini dapat berupa video dan gambar.

Tenaga pendidik juga dapat memberikan waktu pada masing-masing soal.

2. Quizizz.

Quizizz merupakan sebuah web tool yang dapat membuat kuis interaktif. Aplikasi pembuat games ini memiliki penampilan yang cukup menarik dengan menampilkan animasi dan tema berwarna.

Quizizz juga memiliki fitur yang memungkinkan pembuat kuis untuk menambahkan penjelasan dari jawaban kuis.

Terdapat beberapa tipe soal yang ada di Quizizz, yakni pilihan ganda (multiple choice), kotak centang (checkbox), mengisi bagian yang kosong (fill the blank), poling, dan pertanyaan terbuka (open ended).

3. Wordwall

Worldwall adalah aplikasi pembuat games yang berisi kumpulan huruf abjad acak yang di dalamnya terisi beberapa kata. Cara kerja aplikasi ini mirip dengan permainan teka-teki silang (TTS). Worldwall memiliki 18 template yang dapat digunakan secara gratis. Permainan yang sudah dibuat dapat dibagikan melalu Google Classroom, email, serta sosial media.

4. Quizlet

Quizlet menerapkan metode pembelajaran kuis dengan bentuk set-set kartu (flash card). Tenaga pendidik juga dapat membuat soal dalam bentuk pilihan ganda, video, gambar, dan dapat menambah pemformatan teks.

Platform ini sangat cocok untuk mata pelajaran bahasa atau mata pelajaran lain yang menekankan kosa kata.

5. Educandy

Educandy dapat merupakan game belajar interaktif. Tenaga pendidik hanya perlu memasukkan soal atau pertanyaan serta jawaban yang diinginkan, laliu Educandy akan otomatis membuat konten anda menjadi kegiatan interaktif.

Setelah membuat game, akan muncul kode unik yang dapat dibagikan supaya peserta didik dapat memainkan game tersebut.

Itulah lima aplikasi pembuat games yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas belajar-mengajar. Tenaga pendidik dapat menggunakan aplikasi ini supaya peserta didik tidak merasa bosan dengan pembelajaran konvensional.

MG/Ari Achmad Dhani
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)