Dukung Ketahanan Pangan, Pemkab Aceh Barat Bangun Jaringan Pemasaran Komoditi

Senin, 19 Desember 2022 - 17:26 WIB
loading...
Dukung Ketahanan Pangan, Pemkab Aceh Barat Bangun Jaringan Pemasaran Komoditi
Dinas Pertanian Aceh Barat membangun jaringan pemasaran komoditi hasil pertanian petani Aceh Barat, terutama komoditi tanaman pangan jenis jagung.
A A A
MEULABOH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melalui Dinas Pertanian Aceh Barat telah membangun jaringan pemasaran komoditi hasil pertanian petani Aceh Barat, terutama komoditi tanaman pangan jenis jagung, sebagai upaya menjaga dan melestarikan ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Barat.

Hal itu diungkapkan Kadis Pertanian Aceh Barat Safrizal, Senin (19/12/2022). Menurut Safrizal, saat ini pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan jaringan pengusaha komoditi jagung, yang akan dipasok ke pabrik di sana.

“Alhamdulillah kita telah mendapatkan jaringan pemasaran itu, dan mereka telah menyatakan kesiapannya untuk menampung jagung petani di Aceh Barat,” ujarnya.

Ditambahkan, koordinasi jaringan pemasaran tersebut, juga atas petunjuk dan arahan dari Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi, sebagai tindak lanjut untuk menjaga ketahanan pangan di Aceh Barat, serta juga terkait untuk melindungi daya ungkit ekonomi petani Aceh Barat.

“Kami telah menerima masukan dan instruksi dari Pak Pj Bupati Aceh Barat, terkait pembukaan dan koordinasi hasil pemasaran jagung petani tersebut,” tuturnya.

Pada sisi lain Safrizal mengatakan, kondisi cuaca yang terhitung ekstrem terutama dalam kaitan musim hujan, membuat ada produksi jagung petani yang tak bisa dijemur, sementara itu adalah jalan satu satunya, karena pabrik hanya menerima jagung dalam kondisi rendemen air tertentu, termasuk tingkat prosentase patahannya.

“Ini benar benar karena faktor cuaca dan bukan justru sebagai upaya pembiaran. Insya Allah tahun mendatang kita akan mencari solusi, misalnya membuat pengeringan masinal, tergantung kondisi keuangan daerah,” katanya.

Sementara Pj Bupati Aceh Barat yang dihubungi secara terpisah, mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk membuka dan mengkoordinsikan jalur pemasaran komodity jagung petani Aceh Barat.

“Saya sendiri juga telah menghubungi langsung pihak pabrikan, alhamdulillah mereka menanggapi dengan sangat positif,” ujar Mahdi.
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)
pixels