Hindari Perampokan, Pengamat Sarankan Rumah yang Tampil di Google Maps Diburamkan

Selasa, 13 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
Hindari Perampokan, Pengamat Sarankan Rumah yang Tampil di Google Maps Diburamkan
Memburamkan rumah Anda yang tampil di Google Maps sangat baik untuk keamanan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Nelson Aguilar, pengamat teknologi dari CNET, menyarankan pemilik rumah-rumah pribadi atau lainnya memburamkan properti mereka yang ada di Google Maps . Hal itu perlu dilakukan agar keamanan dari properti yang ditampilkan di Google Maps terjaga dari pelaku kriminal.

Apalagi baru-baru ini ada berita perampokan yang terjadi di rumah dinas Wali Kota Blitar. Bisa jadi aksi itu justru dilakukan dengan melakukan pengamatan melalui Google Maps.

Nelson Aguilar mengatakan hal itu terjadi karena Google Maps memiliki fitur Street View. Lewat fitur itu, pengguna bisa saja masuk ke berbagai properti selama memang bisa ditampilkan oleh Street View.

"Sebenarnya fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mencari alamat dan perlu tahu seperti apa bentuk bangunan yang dituju. Baik itu rumah pribadi atau gedung bisnis. Namun di sisi lain hal itu memudahkan penguntit dan pelakuk kriminal lain untuk merencanakan aksi kejahatan mereka," ujar Nelson Aguilar.



Hindari Perampokan, Pengamat Sarankan Rumah yang Tampil di Google Maps Diburamkan


Pelaku kriminal bahkan tidak perlu repot-repot melihat langsung gedung atau rumah yang mereka incar. Mereka tinggal menggunakan ponsel pintar atau komputer guna mencari seluk-beluk rumah atau gedung yang mereka jadikan target.

Dari situlah Nelson Aguilar berharap agar para pemilik properti bisa memburamkan tempat tinggal mereka yang muncul di Google Maps. Cara melakukannya menurut dia justru sangat mudah karena memang diizinkan oleh Google.



Yang perlu Anda lakukan adalah mencari rumah Anda terlebih dulu di Google Maps. Setelah itu Anda tinggal mengklik foto rumah Anda yang muncul di layar.

Setelah itu biasanya pengguna akan dialihkan ke tampilan Street View. Di tampilan Street View, Anda tinggal mencari opsi "Laporkan Masalah". Setelah memilih opsi itu, Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan dan pilihan. Di situ Anda bisa meminta untuk memburamkan rumah Anda. Tentu Anda terlebih dulu harus mengajukan permohonan ke Google agar permintaan itu disetujui.

"Setelah permintaan disetujui harus diingat bahwa pemburaman itu akan berlaku permanen," terang Nelson Aguilar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)