Apple Kenalkan Fitur Canggih untuk Amankan Chat dan File

Minggu, 11 Desember 2022 - 17:39 WIB
loading...
Apple Kenalkan Fitur Canggih untuk Amankan Chat dan File
Apple mengatakan bahwa meskipun hingga kini belum ada laporan pembobolan ke server iCloud atau pertukaran iMessage, namun langkah ini perlu diambil mengingat kasus peretasan semakin meningkat. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Apple siap kenalkan fitur canggih untuk mengamankan chat beserta file yang tersimpan di layanan iCloud secara lebih ketat.



Pengguna akan bisa menggunakan kunci keamanan fisik saat masuk dari perangkat baru.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu mengatakan bahwa meskipun hingga kini belum ada laporan pembobolan ke server iCloud atau pertukaran iMessage, namun langkah ini perlu diambil mengingat kasus peretasan semakin meningkat.

Seperti dihimpun dari Metro, Minggu (10/12/2022), pengguna di AS akan dapat mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan gratis untuk penyimpanan iCloud pada akhir tahun ini.

Saat dihidupkan, nantinya Apple tidak dapat membantu pengguna memulihkan foto, catatan, memo suara, dan sekitar 20 jenis data lainnya jika mereka lupa kata sandinya. Ini akan berkembang secara global tahun depan.

Di iMessage, percakapan antara pengguna yang mengaktifkan Verifikasi Kunci Kontak baru tahun depan akan menerima peringatan otomatis tentang perangkat yang tidak dikenal yang berpotensi mengintai pertukaran.

Pengguna dapat memverifikasi keamanan komunikasi mereka secara manual dengan mencocokkan kode keamanan juga. Konsepnya sama seperti layanan yang diberikan aplikasi perpesanan Signal.

Selain fitur keamanan di atas, Apple juga berencana memberikan program keamanan lain yang ditujukan untuk selebriti, jurnalis, aktivis, politisi, dan individu terkenal lainnya yang menjadi target utama peretas beberapa waktu mendatang.

Menurut penasihat keamanan siber global di ESET, Jake Moore, kehadiran fiturbkeamanan ini akan membantu para pengguna Apple untuk mengamankan data sensitifnya, mengingat mereka menjadi target utama para peretas.

Mereka kerap diserang menggunakan penipuan phishing atau melalui pencurian perangkat fisik, tetapi penggunaan kunci keamanan ini dapat mengurangi risiko dan itu pasti akan lebih melindungi akun Apple.

"Kunci keamanan perangkat keras menawarkan perlindungan dan ketenangan pikiran mengetahui bahwa itu adalah salah satu cara paling aman untuk memasuki akun dan sering ditawarkan sebagai metode masuk ke akun yang sangat sensitif," katanya.

Menurut Moore, untuk mendapatkan manfaat keamanan penuh dari fitur baru ini, yang terbaik adalah menghapus semua bentuk verifikasi akun lainnya dan hanya mengandalkan kunci keamanan fisik untuk mendapatkan akses yang akan menghentikan peretas melewati bentuk autentikasi yang dipilih.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)