Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Mudah dan Praktis

Senin, 14 November 2022 - 22:33 WIB
loading...
Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Mudah dan Praktis
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone. (Foto: Dok Sindonews)
A A A
JAKARTA - Kawangadget, ternyata ada beragam cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Terkadang beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi penting yang sifatnya rahasia pasti sering ingin Anda sembunyikan. Namun, Anda bingung dengan caranya.

Lalu bagaimana cara menyembunyikannya, masih sering dipertanyakan banyak orang yang belum mengetahuinya dengan pasti. Menyembunyikan aplikasi, memang bertujuan untuk berbagai alasan.

Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone sebenarnya cukup mudah untuk kawangadget lakukan sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir. Biasanya orang-orang melakukan hal ini untuk alasan privasi dan keamanan, bahkan beberapa pengguna juga sering memasang sandi tambahan.

Setiap smartphone biasanya memang memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan aplikasi tertentu salah satunya iPhone. Anda sebenarnya bisa menyembunyikan aplikasi pada iPhone dengan mudah namun, para pengguna baru pasti masih sering kebingungan dengan cara ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Gunakan Ini!
Seperti yang kita tahu iPhone memang menjadi smartphone yang banyak digemari karena berbagai keunggulannya. Bahkan sekarang ini banyak pengguna yang memilih untuk beralih pada iPhone namun, iPhone ini sedikit berbeda dengan smartphone lainnya.

Karena itu, penggunaannya sering merasa bingung ketika ingin menggunakan berbagai fitur dari iPhone salah satunya untuk menyembunyikan aplikasi. Karena sebenarnya kita memang bisa menyembunyikan aplikasi pada iPhone dengan memanfaatkan fitur yang tersedia yang pastinya jauh lebih praktis.

Dengan adanya fitur ini Anda bisa menyembunyikan aplikasi dengan jauh lebih mudah sehingga Anda tidak lagi perlu merasa khawatir. Selain itu, sebenarnya ada banyak opsi yang bisa Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi pada iPhone.

iPhone memang mendukung dan mengizinkan para penggunanya untuk bisa menyembunyikan beberapa aplikasi menggunakan berbagai cara. Nah, berikut ini beberapa cara untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone.

Menggunakan Content & Privacy Restrictions Aplikasi Bawaan
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang pertama Anda bisa memanfaatkan fitur content dan privacy restrictions pada aplikasi bawaan. Caranya Anda bisa membuka pengaturan pada perangkat kemudian masuk ke menu screen time dan klik menu fitur content & privacy restrictions.

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan passcode atau sandi screen time kemudian masuk ke menu Allowed Apps. Pada menu ini ada banyak aplikasi bawaan yang bisa dipilih untuk dinonaktifkan, Anda bisa memilih aplikasi yang diinginkan.

Namun, perlu diingat fitur ini hanya dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi bawaan saja seperti Mail, Safari, Facetime, Camera dan Wallet. Adanya fitur ini memang cukup membantu untuk menyembunyikan beragam aplikasi bawaan iPhone.

Menggunakan Fitur Content & Privacy Restrictions untuk Aplikasi Lain
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang pertama Anda bisa membuka fitur content & privacy restrictions pastikan fitur ini sudah aktif. Setelah itu silahkan masuk ke menu content restrictions kemudian klik menu Apps dan gunakan fitur umur untuk aplikasi yang disembunyikan.

Sebelum Anda masuk ke halaman content sebaiknya Anda terlebih dahulu mengecek rating umur aplikasi tersebut. Kita bisa langsung melakukan hal ini melalui halaman produk dari Apps Store tersebut, cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan.

Anda bisa memilih berbagai aplikasi lain yang ingin disembunyikan melalui fitur ini dengan cara menonaktifkannya. Secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan lagi muncul pada halaman depan smartphone sehingga Anda bisa menjaga keamanan dan privasi.

Menggunakan Folder
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda juga bisa menggunakan fitur folder pada smartphone cara ini cukup umum. Bahkan banyak orang yang memilih menyembunyikan aplikasi dengan cara ini karena, dengan cara ini dinilai tidak terlalu ribet.

Caranya cukup mudah Anda bisa mencari ikon pada halaman utama yang ingin Anda sembunyikan kemudian, ketuk dan tahan aplikasi tersebut. Setelah itu, seret menuju aplikasi lain tekan beberapa saat agar ikon folder terbentuk dan Anda bisa mengubah nama folder.

Cara ini terbilang cukup mudah dan Anda tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga agar dapat menyembunyikan aplikasi di iPhone. Meskipun terlihat kurang mumpuni, namun setidaknya cara ini masih cukup efektif untuk digunakan dalam menyembunyikan aplikasi.

Menggunakan App Library untuk Aplikasi Tunggal
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda bisa memanfaatkan App Library jika ingin menyembunyikan aplikasi tunggal. Namun, sebelum itu pastikan dulu iPhone Anda sudah berjalan di iOS 14 atau lebih tinggi, kemudian Anda bisa langsung buka halaman utama.

Selanjutnya Anda bisa memilih aplikasi yang ingin disembunyikan kemudian tekan beberapa saat ikon aplikasi tersebut dan pilih opsi remove App. Cara selanjutnya Anda bisa memilih remove from home screen secara otomatis aplikasi Anda akan disembunyikan.

Anda tidak perlu merasa khawatir aplikasi Anda akan terhapus karena, cara ini hanya untuk menghapus ikon aplikasi pada halaman utama saja. Anda tetap masih bisa menemukan aplikasi di App Library dengan cara mengusap layar ke kiri hingga muncul kolom pencarian.

Menggunakan App Library Secara Bersamaan
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone selanjutnya masih menggunakan fitur App Library pada iPhone. Caranya dengan masuk ke halaman utama kemudian Anda bisa langsung tekan selama beberapa detik pada bagian kosong di halaman tersebut.

Kemudian ketuk tanda centang yang terdapat pada halaman tersebut, yaitu pilih halaman yang akan Anda sembunyikan saja. Lalu klik selesai jika sudah. Secara otomatis seluruh aplikasi yang ada di halaman tersebut akan disembunyikan tanpa menghapus aplikasi.

Sama seperti cara sebelumnya Anda masih tetap bisa menemukan aplikasi di ikon library dengan mengusap layar ke kiri. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir aplikasi Anda tetap aman tanpa terhapus atau dilihat orang lain.

Keuntungan Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone
Selain cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah apa saja keuntungan menyembunyikan aplikasi di iPhone. Biasanya orang menyembunyikan aplikasi tertentu dengan tujuan agar isi dalam aplikasi tetap aman dan tidak dilihat orang lain.

Dengan ini berarti keuntunya yang bisa Anda peroleh dengan menyembunyikan aplikasi adalah aplikasi Anda akan tetap aman dan terjaga. Karena, tidak semua orang dengan mudah menemukan aplikasi yang sudah Anda sembunyikan tersebut sehingga Anda bisa menjaga kerahasiaannya.

Kesimpulan
Bagi para pengguna iPhone sering kali pasti merasa kesulitan ketika ingin melakukan sesuatu di smartphone mereka. Salah satunya saat ingin menyembunyikan aplikasi tertentu dari halaman depan layar, dengan cara-cara di atas Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan hal ini.

Karena cara menyembunyikan aplikasi di iPhone akan membantu merahasiakan beragam aplikasi yang rahasia atau tidak ingin ada yang membukanya. Dengan cara ini, aplikasi Anda akan lebih terjaga kerahasiaannya. Pastikan Anda melakukan berbagai tips dan cara yang disebutkan di atas.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)