Begini Sejarah Perkembangan Internet sampai 5G

Jum'at, 04 November 2022 - 19:09 WIB
loading...
Begini Sejarah Perkembangan Internet sampai 5G
Teknologi 5G merupakan jaringan seluler paling mutakhir yang dapat digunakan saat ini. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Teknologi 5G merupakan jaringan seluler paling mutakhir yang dapat digunakan saat ini. Bila ditilik dari sejarahnya, terdapat sejumlah jaringan internet yang menjadi pendahulu teknologi ini.

Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi semakin sulit untuk dibendung. Kecepatan menjadi tuntutan utama dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

5G merupakan jaringan seluler yang kini lebih cepat dari jaringan yang telah ada sebelumnya. Baikut 1G ataupun 4G.

Baca juga : 7 Manfaat Jaringan 5G di Masa Depan

Lalu bagaiamana sejarah perkembangannya?

Jaringan 1G

Jaringan seluler pertama ini muncul pada tahun 1979 di Jepang Nippon Telegraph dan Telephone. Dinamai jaringan 1G yang kala itu hanyalah gelombang radio sederhana.

Sehingga jangkauan dari jaringan ini masih sempit dan belum bisa digunakan secara luas. Teknologi ini lantas disebut dengan NMT Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Advanced Mobile Phone Service) yang hanya mendukung komunikasi suara dengan kecepatan hingga 14,4 Kbps.

Jaringan 2G

Berkembang ke tahun 1991 di Finlandia muncullah jaringan 2G yang ditandai dengan mulai digunakannya gelombang digital. Sebagai penerus, jaringan ini sudah pasti lebih luas ketimbang yang sebelumnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2648 seconds (11.252#12.26)