Tips Memilih Tinta Printer Berkualitas Biar Tak Salah Pilih

Selasa, 01 November 2022 - 07:36 WIB
loading...
Tips Memilih Tinta Printer Berkualitas Biar Tak Salah Pilih
Tips memilih tinta printer berkualitas agar tak salah pilih. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Kini penggunaan printer dan proses mencetak merupakan hal yang lazim dilakukan untuk berbagai kalangan dan keperluan, baik di kantor maupun di rumah.



Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam proses mencetak adalah kualitas dari tinta yang dibutuhkan dalam proses mencetak, baik di kantor maupun di rumah.

Tinta yang berkualitas memiliki 2 (dua) kategori antara lain tinta pigment dan tinta dye-based. Tinta pigment memiliki keunggulan tahan air, selain itu juga memiliki ketajaman warna dan tidak mudah untuk pudar, jenis tinta ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen penting, seperti mencetak ijazah atau sertifikat.

Contoh tinta Epson yang termasuk jenis pigment ini antara lain adalah tinta jenis T7741 (untuk M100/M200), tinta 005 (untuk M1100/M1120/M2140/M3170/M15140), tinta hitam 001 (untuk L6260, L6270, L6290), tinta 008 (L15150, L15160, L15180).

Sedangkan, Tinta dye-based biasanya digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen seperti surat, materi presentasi, tanda terima, foto, dan lain sebagainya. Contoh tinta Epson yang termasuk jenis dye-based ini antara lain tinta seri 003 (untuk L3210/L3250/L5290/L1120), tinta seri T664 (untuk L1300/L300/L350/L565) dan tinta seri T673 (untuk L1800/L805/L850).

PT Epson Indonesia memastikan bahwa tinta yang diproduksi adalah tinta printer yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi printer. Kualitas tinta yang diproduksi oleh Epson Indonesia dapat membuat printer menjadi lebih awet serta mampu memberikan hasil cetak yang terbaik, bebas masalah, dan menjamin kualitas hasil cetak, pengguna dapat mencetak ribuan lembar tanpa harus khawatir dengan mutu dan kualitas tinta yang digunakan.

Perwakilan PT Epson Indonesia Syahrizal Aprianto selaku Syahrizal Aprianto, Sr Manager. Product Marketing Printer & Business Development mengatakan, Epson memastikan setiap tinta printer yang diproduksi adalah original. Dalam memastikan hal tersebut, pengguna dapat membuktikan keaslian tinta melalui aplikasi Epson Genuine yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App store smartphone. Pada aplikasi Epson Genuine pengguna dapat melakukan scan barcode pada dus tinta sehingga pengguna dapat mengetahui keaslian tinta secara mudah.

Pada aplikasi akan muncul symbol atau tanda setelah pengguna melakukan scan barcode, jika produk tinta sudah pernah dilakukan scan sebanyak dua kali maka akan muncul simbol kuning dan jika QR Code yang terdapat dalam dus terindetifikasi palsu, maka akan terdapat keterangan "Consumables Palsu" dan muncul simbol merah," ujar Syahrizal.

Selain dapat memastikannya melalui aplikasi Epson Genuine, para pengguna dapat memastikannya keaslian tinta melalui Hologram kemasan luar dus. Setiap tinta yang diproduksi Epson, akan memiliki kualitas kemasan atau dus yang bagus, berwarna terang, dan solid. Kemudian dus tinta tersebut juga memiliki sticker hologram pada bagian samping atas dan bawah dari kemasan tinta botol.

"Untuk mengetahui ciri lain dari tinta palsu para pelanggan dapat mengidentifikasi dengan beberapa cara yakni segel hologram yang terdapat pada tinta palsu agak pudar dan tidak terdapat tulisan Epson Genuine walaupun memang agak sulit untuk dibedakan namun ciri pada tinta palsu hologram yang terdapat pada dus tidak dapat digunakan pada aplikasi," tuturnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini jenis printer dan fungsinya yang wajib diketahui agar tidak salah pilih.
Jenis Printer dan Fungsinya
1. Printer thermal

Printer thermal salah satu mesin printer yang sangat berfungsi untuk struk pembelian dalam setiap usaha atau juga toko perbelanjaan, parkir, dan sebagainya. Uniknya, printer ini tidak membutuhkan tinta, karena memanfaatkan panas guna menghasilkan tulisan di atas kertas gulunganya.
2. Ink jet printer

Selanjutnya, ada ink jet printer yang berfungsi untuk berbagai kebutuhan, seperti mencetak kertas data atau foto sesuai dengan keinginan penggunanya dengan ukuran yang beragam. Bahkan, hasil cetaknya juga bisa disesuaikan resolusinya sesuai dengan kebutuhan.
3. Printer all one

Seperti yang sesuai dengan namanya, printer ini sangat bisa diandalkan dalam berbagai hal, jadi fungsinya tak hanya khusus ke satu hal saja, melainkan bisa ke berbagai kebutuhan seperti scanner, fax, dan masih banyak lagi. Biasanya, printer ini kerap dipilih karena simpel dan bisa multifungsi.
4. Printer laserjet

Selanjutnya, ada printer laserjet yang mana berfungsi untuk mencetak dokumen dengan satu warna saja. Printer ini pun mengunakan tinta serbuk, oleh karena itu perawatannya cukup detail. Selain itu, kelebihan printer laserjet ini lebih cepat dalam print dokumen yang diinginkan.
5. Printer buble jet

Terakhir, aada printer bubble jet yang digunakan untuk mencetak berbagai kebutuhan foto. Uniknya, kamera ini bisa digunakan tanpa perantara komputer, jadi hanya melalui kamera saja. Kendati demikian, hasil cetakannya sendiri terbilang kecil karena belum bisa cetak ukuran besar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0778 seconds (0.1#10.140)