Apple Nyerah, Tahun Depan iPhone Pasti Gunakan Selot USB-C

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:15 WIB
loading...
Apple Nyerah, Tahun Depan iPhone Pasti Gunakan Selot USB-C
Apple harus mengganti selot Lightning di iPhone menjadi USB-C jika ingin berjualan di Eropa. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ketika hampir semua ponsel Android menggunakan selot USB-C, Apple termasuk paling bandel. Mereka tetap “kekeuh” dengan koneksi Lightning-nya, yang juga digunakan oleh iPhone 14.

Tapi, hal itu akan berubah setelah Uni Eropa membuat regulasi baru. Bahwa semua smartphone yang dijual di Eropa wajib untuk menggunakan kabel USB-C. Jika Apple ingin tetap berjualan iPhone di Eropa, maka perusahaan tersebut harus patuh.

Bos Marketing Apple Greg Joswiak akhirnya buka suara, memastikan bahwa Apple akan peraturan atau regulasi baru di Uni Eropa. Ia memang tidak menyebut secara detail kapan model iPhone dengan USB-C menggantikan kabel Lightning akan dirilis.

Dalam konferensi Wall Street Journal di Laguna Beach, California, Rabu (26/10), Greg mengakui bahwa Apple dan Uni Eropa memang “berselisih” soal pengisian daya itu selama satu dekade.

Gregmengingat bagaimana otoritas Eropa pernah menginginkan Apple untuk mengadopsi Micro-USB. Dia mengatakan bahwa baik Lightning—selot pengisian iPhone saat ini—maupun USB-C yang sekarang banyak diadopsi tidak akan ditemukan jika micro USB tidak digunakan.

Menurut Bloomberg News, Apple berencana untuk mengganti selot iPhone dari Lightning ke USB-C pada 2023.

Padahal, sebenarnya aturan Uni Eropa sendiri baru mengikat di 2024. Namun, saat ini Apple sudah berlahan mengganti selot di laptop Mac, iPad, dan banyak aksesoris lainnya ke USB-C.



Greg Joswiak merupakan salah satu pembicara dari acara tersebut, bersama dengan pendiri Snap Evan Spiegel. Mereka juga sempat membahas soal dunia virtual yang sedang ngetren, metaverse, yang disebut-sebut masa depan teknologi dunia.

Namun, Greg menyebut bahwa metaverse adalah “kata yang tidak akan digunakanolehApple,”.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)