Tiru Apple, Microsoft Siap Bangun Toko Game Seluler Xbox

Minggu, 23 Oktober 2022 - 20:09 WIB
loading...
Tiru Apple, Microsoft Siap Bangun Toko Game Seluler Xbox
Produk baru Microsoft ini nantinya akan berhadapan langsung dengan toko aplikasi Google Play Store dan App Store Apple. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ikuti jejak Apple yang memiliki toko strore, Microsoft berencana untuk membangun toko game Xbox versi seluler. Tujuannya adalah untuk meraih pelanggan dari perangkat Google dan Apple yang memang memiliki pangsa pasar sangat besar.

BACA JUGA - Apple Rilis Paket Apple One, Ini Daftar Paket dan Tarifnya

Rencana terungkap dalam dokumen yang diajukan Microsoft ke Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA). Produk baru Microsoft ini nantinya akan berhadapan langsung dengan toko aplikasi Google Play Store dan App Store Apple.

Di toko game Xbox versi seluler, Microsoft akan menawarkan game populer seperti Call of Duty Mobile milk Activition, Diablo Immortal dan Hearthstone milik Blizzard, dan Candy Crush Candy Crush Saga yang dikembangkan oleh King.

Microsoft juga menjanjikan banyak kebebasan kepada para pengembang game lebih dari apa yang dilakukan oleh kompetitornya dan memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk mengelola aplikasi mereka.

Microsoft mengatakan akan menerapkan filosofi toko aplikasi terbuka ke toko seluler Xbox, termasuk perlakuan yang sama untuk aplikasi pihak ketiga dan pilihan untuk pembayaran dalam aplikasi, melansir dari Engadget, Minggu (23/10/2022).

Meski demikian, rencana tersebut tampaknya akan sulit terlaksana mengingat toko game Xbox versi seluler akan menghadapi penolakan institusional. Microsoft harus berjuang hebat untuk mendapatkan aplikasi ke Android di luar Google Play Store.

Kepastian bahwa Microsoft akan meluncurkan toko game seluler Xbox masih sebatas spekulasi, pasalnya CMA saat ini sedang melakukan penyelidikan mendalam tentang pembelian Activision Blizzard.

CMA masih khawatir bahwa potensi kepemilikan Microsoft atas Call of Duty di konsol, cloud, dan seluler akan memberi perusahaan terlalu banyak kendali atas industri game. Jadi, kapan toko game Xbox seluler masih belum jelas.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1841 seconds (10.177#12.26)