5 Tips Memasak dengan Air Fryer Biar Matang Cepat

Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:44 WIB
loading...
5 Tips Memasak dengan Air Fryer Biar Matang Cepat
5 Tips Memasak dengan Air Fryer. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tips memasak dengan Air Fryer masih jarang diketahui, pasalnya Air Fryyer merupakan teknologi memasak terbaru dengan menggunakan udara panas yang bersirkulasi secara cepat.

BACA JUGA - Nih, Alat Memasak Modern untuk Kaum Urban di Perkotaan

Alat tersebut sudah menjadi tren di kalangan keluarga yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Sebab, air fryer memberikan kemudahan dalam memasak dengan menggunakan sedikit minyak. Meski begitu, hasil masakannya serupa seperti menggunakan wajan berminyak.

Dapat dikatakan, teknologi air fryer mirip dengan oven yang menggunakan suhu panas. Walaupun, penggunaannya mudah masih terdapat beberapa tips yang perlu diketahui saat memasak dengan air fryer.

1. Panaskan Suhu Air Fryer sebelum Memasak

Panaskan Air Fryer dengan menyalakannya selama dua sampai tiga menit sebelum memasak, atau gunakan pengaturan pemanasan awal yang terdapat pada beberapa unit Air Fryer. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses memasak, serta memaksimalkan hasil masakannya, agar lebih renyah dan lebih matang.

2. Perhatikan Suhu Air Fryer saat Memasak

Pastikan suhu yang digunakan pada Air Fryer saat memasak sesuai dengan kebutuhannya. Diperlukan suhu tinggi agar makanan terbebas dari bakteri, matang secara sempurna. Tingkat kerenyahan juga dipengaruhi oleh penggunaan suhu.

Disarankan menggunakan suhu 145°F atau setara dengan 63°C untuk memasak daging sapi, babi, kambing, dan lainnya. Gunakan suhu 160°F atau setara dengan 71°C saat memasak olahan daging, seperti daging giling. Lalu, gunakan suhu 165°F atau setara dengan 74°C saat memasak daging unggas, seperti ayam, bebek, dan lainnya.

3. Semprotkan Minyak pada Makanan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2510 seconds (10.177#12.26)