2 Cara Cek Versi Bios Di Windows Tanpa Harus Instal Ulang

Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:13 WIB
loading...
2 Cara Cek Versi Bios Di Windows  Tanpa Harus Instal Ulang
Cara Cek Versi Bios Di Windows . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara cek versi Bios di Windows langkah untuk mengetahui katalisator untuk tindakan fungsionalitas laptop atau komputer. Bios sendiri singkatan dari Basic Input Output System merupakan sistem operasi perangkat lunak yang ada di PC Anda.



Bios secara teoritis selalu menjadi perantara antara mikroprosesor dan informasi kontrol perangkat I/O dan aliran data. Meskipun, dalam beberapa kasus Bios dapat mengatur aliran data langsung ke memori dari perangkat, seperti kartu video, yang memerlukan aliran data lebih cepat agar efektif.

Bios sendiri dapat ditemukan dalam sistem operasi pada windows 8, 10 dan 11. Selain itu, setiap kali Anda menghidupkan PC Anda, Bios menjalankan proses yang disebut Power-On Self Test, atau POST, yang menentukan apakah perangkat Anda yang terpasang beroperasi dengan benar dan berada di tempat yang tepat.

Adapun beberapa komponen yang terdapat dalam Bios, sebagai berikut:

- Program Bios Setup, yaitu pada program ini memiliki fungsi untuk konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan.
- Driver, yaitu pada program ini memiliki fungsi sebagai perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.
- Program Bootstaper Utama, yaitu berperan dalam melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang telah Anda instal sebelumnya.

Lalu bagaimana cara cek versi Bios di windows. Simak penjelasan lebih lanjut.

1. Carilah dan kemudian tekanlah tombol Windows pada keyboard Anda dan mulai ketik Sistem , pilih Informasi Sistem yang akan menampilkan informasi Prosesor Windows key dengan nama, nomor, dan kecepatan prosesor.
2. Jika tombol Windows tidak tersedia di keyboard Anda, gunakan mouse Anda dan buka ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar Anda, klik kanan, dan pilih Sistem.
3. Pilih Informasi Sistem untuk melihat pembuatan sistem, model, dan versi BIOS.

Atau anda bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut ini:

1. Buka Windows Run dengan cara (klik Windows pada keyboard + R) lakukan secara bersamaan.
2. Lalu ketiklah msinfo32 dan enter
3. Pada menu System Summary, kamu bisa melihat informasi tentang versi BIOS pada bagian BIOS Version/Date.

MG/ Nabillah Amanda Rahmawaty
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)