Cara Pindahkan Ikon Start Menu di Windows 11 seperti Windows Sebelumnya

Rabu, 22 September 2021 - 18:01 WIB
loading...
Cara Pindahkan Ikon Start Menu di Windows 11 seperti Windows Sebelumnya
Pengguna Windows bisa mendapatkan ikon Start di Windows 11 berada di pojok kiri bawah, layaknya Windows sebelum-sebelumnya. FOTO/ IST
JAKARTA - Ketika melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11, salah satu hal pertama yang mungkin paling kentara adalah hilangnya opsi Start menu.

Biasanya, menu Start Windows berada di sudut kiri bawah layar, tetapi di versi baru Windows ini ikon Start berada di antara sekelompok ikon di tengah taskbar di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, ketika mengklik ikon menu Start, semuanya akan terlihat sangat berbeda juga. Alih-alih Live Tiles persegi besar yang biasa muncul, pengguna memiliki serangkaian ikon aplikasi yang jauh lebih sederhana, dan sebagian besar menampilkan aplikasi terkait Microsoft, yang disematkan ke halaman utama.

Jika klik "Semua aplikasi" di sudut kanan atas (tepat di bawah bidang pencarian), pengguna mendapatkan daftar aplikasi dari A sampai Z yang sudah dikenal.



Sementara di bagian bawah ikon aplikasi, akan menemukan bagian "Direkomendasikan", yang menawarkan aplikasi yang menurut Microsoft harus dicoba (seperti Teams). Jika mengklik tombol "Lainnya", akan muncul beberapa file atau aplikasi yang mungkin telah digunakan baru-baru ini.

Tentu bagi yang tidak terbiasa, perubahan ini cukup mengganggu dan tidak membuat nyaman saat mengoperasikannya.

Tapi jangan khawatir, pengguna bisa mendapatkan ikon Start di Windows 11 berada di pojok kiri bawah, layaknya Windows sebelum-sebelumnya. Berikut ini caranya, dilansir dari The Verge, Rabu (22/9/2021).

1. Klik kanan pada taskbar dan klik "Taksbar Settings"

2. Pilih "Taskbar Behaviors"

3. Cari "Taskbar Alignment" dan klik tombol di sebelah kanan di mana tertulis "Center." Pilih "Left" sebagai gantinya.



4. Tutup jendela pengaturan, dan akan melihat ikon aplikasi di taskbar telah pindah ke kiri, dengan ikon menu Start berada di sudutnya.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE