Hacker Curi Rp8,7 Triliun Mata Uang Kripto dari BNB Binance

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 08:26 WIB
loading...
Hacker Curi Rp8,7 Triliun Mata Uang Kripto dari BNB Binance
Peretas atau hacker telah mencuri cryptocurrency (mata uang kripto) senilai sekitar USD570 juta setara Rp8,7 trilun dari BNB Chain. Foto/Siliconangle
A A A
BEIJING - Peretas atau hacker telah mencuri cryptocurrency (mata uang kripto) senilai sekitar USD570 juta setara Rp8,7 trilun dari BNB Chain. Binance mengungkapkan bahwa peretas telah mencuri 2 juta koin BNB, senilai sekitar USD570 juta, dari BNB Chain.

BNB Chain adalah sebuah blockchain yang dibuat oleh perusahaan cryptocurrency Binance Holdings Ltd. Binance mengoperasikan pertukaran cryptocurrency populer yang menempati peringkat terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan.

Pada tahun 2019, perusahaan meluncurkan blockchain yang disebut BNB Chain dan cryptocurrency, BNB, yang berjalan di blockchain. BNB memiliki perkiraan kapitalisasi pasar lebih dari USD45 miliar sekitar Rp688 triliun.

Peretas mencuri cryptocurrency menggunakan kerentanan keamanan di jembatan lintas rantai yang terhubung ke Rantai BNB. Jembatan lintas rantai adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer cryptocurrency, aset digital lainnya, dan data antara dua blockchain yang berbeda.



Dikutip SINDOnews dari laman Siliconangle, Sabtu (8/10/2022), jembatan lintas rantai yang menjadi target peretas dalam pelanggaran tersebut dikenal sebagai BSC Token Hub. Ini menghubungkan Rantai BNB dengan Rantai Beacon BNB, blockchain serupa yang memungkinkan untuk melakukan transaksi menggunakan teknologi aset digital BEP2.

BEP2 mendefinisikan seperangkat standar teknis untuk menerapkan dan menerbitkan aset digital. Celah keamanan yang digunakan peretas untuk melakukan serangan siber dilaporkan ditemukan di fitur kontrak pintar jembatan lintas rantai.

Kontrak cerdas adalah perangkat lunak yang memungkinkan untuk melakukan transaksi secara otomatis tanpa input manual. Peretas dilaporkan tidak mencuri dana pengguna, melainkan menggunakan fitur kontrak pintar untuk mencetak 2 juta koin BNB baru.



Menanggapi pelanggaran tersebut, Binance menghentikan sementara pemrosesan transaksi di Rantai BNB. Perusahaan dilaporkan berhasil membekukan USD7 juta dari dana yang dicuri oleh para peretas. Sebagian besar dana yang tersisa saat ini tetap berada di dompet cryptocurrency peretas, sementara sekitar USD100 juta “belum dipulihkan”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)