YouTube Umumkan Cara Baru Bagi Kreator untuk Melisensikan Lagu yang akan Digunakan dalam Video

Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:15 WIB
loading...
YouTube Umumkan Cara Baru Bagi Kreator untuk Melisensikan Lagu yang akan Digunakan dalam Video
YouTube kini memberikan tawaran menarik buat kreator konten musik yang ada di platform mereka. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Selain terobosan bahwa YouTube akan mulai memonetisasi video Shorts dan mengubah Program Partnernya, pada 21 September 2022 YouTube juga mengumumkan penawaran baru bagi konten kreator yang menggunakan musik dalam video mereka. Destinasi baru ini akan menghadirkan katalog besar lagu yang dapat ditelusuri, dicari, dan dilisensikan oleh kreator, dengan persyaratan hak musik yang dijabarkan secara sederhana sehingga para kreator dapat memahami biayanya. Konten kreator juga dapat memilih trek dengan opsi bagi hasil, yang mana pembuat dan pemegang hak cipta musik bisa memperoleh pendapatan dari video yang diunggah oleh konten kreator.

Perubahan tersebut diperkenalkan pada acara Made on YouTube tanggal 21 September 2022. Di acara tersebut, YouTube mengumumkan sejumlah perubahan dengan fokus utama membantu kreator menghasilkan lebih banyak uang.

YouTube menyederhanakan proses yang terkadang rumit untuk menemukan lagu latar untuk konten video para kreator. Beberapa kreator juga kerap mengatakan bahwa bagian yang sulit bukanlah menemukan lagu yang tepat, melainkan mencari cara untuk melisensikan lagunya.




Seperti yang dijelaskan di acara Made on YouTube tersebut, kreator yang biasanya menggunakan lagu milik musisi pada videonya harus menyerahkan semua pendapatan iklan kepada pemegang lisensi musik. Hal tersebut menyebabkan musik komersial sering kali tidak digunakan dalam video YouTube. Hal ini merupakan sesuatu yang ingin diubah oleh YouTube.

Alih-alih memberikan pendapatan kepada pemegang hak musik, trek dapat dibeli secara langsung atau akan melibatkan kesepakatan bagi hasil. Dengan pemilik musiknya, kreator dapat membeli lisensi yang mana syarat dan tarifnya akan dijabarkan. Kemudian, kreator akan membagi sebagian dari pendapatan mereka dengan artis dan penulis lagu, serta tidak akan diminta membayar biaya di muka untuk mendapatkan akses ke lagu.

Musik dapat memperkuat hubungan emosional antara artis, kreator, dan penggemar. Berdasarkan hal tersebut, YouTube ingin memperkuatnya dengan menawarkan lebih banyak pilihan kepada kreator untuk diajak bekerja sama, sementara pada saat yang sama dapat membantu musisi bertemu dengan penggemar di YouTube.



Untuk menggunakan resources baru ini, kreator dapat mencari lagu yang mereka inginkan, atau mereka dapat mencari berdasarkan anggaran yang mereka tentukan pada setiap project video. Layanan ini memberi mereka cara untuk mendapatkan akses ke katalog musik populer yang lebih besar, alih-alih terbatas hanya pada stok musik atau tidak ada musik sama sekali, seperti yang sering terjadi, terutama dengan kreator yang lebih kecil yang tidak mampu membayar biaya penggunaan musik dalam video mereka.

Produk YouTube terbaru ini sedang memasuki pengujian beta dan akan diluncurkan di AS dalam waktu dekat ini. Layanan ini sedang bekerja dengan mitra indie termasuk Empire, Believe, Downtown dan Merlin. YouTube tidak mengatakan apakah atau kapan akan memasukkan label besar.

Setelah peluncuran di AS, produk terbaru YouTube ini akan diperluas ke lebih banyak pasar pada tahun 2023.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)