iPhone 14 Diproduksi di India, Apple Siap Angkat Kaki dari China

Kamis, 29 September 2022 - 07:42 WIB
loading...
iPhone 14 Diproduksi di India, Apple Siap Angkat Kaki dari China
Apple bersiap-siap angkat kaki dari China dengan memprodilso iPhone 14 dari India. FOTO/ SCMP
A A A
NEW DELHI - Raksasa teknologi Amerika Apple Inc mengumumkan iPhone 14 akan diproduksi di India. Bahkan Apple telah memindahkan sebagian produksinya dari China ke India menyusul ketegangan geopolitik yang semakin meningkat.

BACA JUGA - Ini 7 Merk HP China Paling Populer di Dunia

“Jajaran iPhone 14 baru memperkenalkan teknologi baru yang inovatif dan kemampuan keamanan yang penting. Kami senang bisa memproduksi iPhone 14 di India," kata Apple dalam sebuah pernyataan pada Senin (26/9/2022).

India merupakan negara dengan pasar smartphone terbesar kedua di dunia setelah China, yang kini tengah berupaya merebut pangsa pasar global dari berbagai merek ponsel yang dikeluarkan China.
Apple akan menjual ponsel buatan India secara lokal tetapi juga mengekspornya ke pasar global.

Konsumen di India akan mulai menerima iPhone yang diproduksi secara lokal dalam beberapa hari mendatang, kata perusahaan itu baru-baru ini.

"Jajaran iPhone 14 baru akan memperkenalkan teknologi baru yang inovatif," kata Apple dalam sebuah pernyataan yang ditulis di akun medsos resmi mereka, Selasa (27/9/ 2022).

"Kami sangat bersemangat untuk merilis iPhone 14 di India," tambah pernyataan itu.

Apple masih sangat bergantung pada China untuk sebagian besar produksi iPhone.

Namun, pihaknya mencari alternatif di tengah ketegangan geopolitik dan pembatasan pandemi Covid-19 yang mengganggu produksi iPhone.

" Apple telah mencoba mendiversifikasi rantai pasokannya untuk sementara waktu tetapi upaya ini telah berkembang dalam dua tahun terakhir karena pembatasan perdagangan antara Amerika Serikat dan China," kata Sanyam Chaurasia, seorang analis di Canalys.

Para analis memperkirakan hampir seperempat dari semua produk Apple akan diproduksi di luar China pada 2025 mendatang.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1256 seconds (10.177#12.26)