10 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, No 4 Jadi Meme Internet

Kamis, 22 September 2022 - 18:19 WIB
loading...
A A A
8. Albert Gonzalez
Albert Gonzalez diduga mencuri 130 juta nomor kredit. Aksinya itu menjadikan Gonzalez sebagai salah satu hacker atau peretas berbahaya dalam sejarah Amerika Serikat.

Pria yang sebelumnya menetap di Miami itu juga meretas komputer di beberapa toko ritel dari tahun 2006 sampai 2008. Adapun perusahaan yang berhasil ia bobol adalah 7 Eleven dan Heartland Payment Systems. Pada 2008, dirinya sudah pernah didakwa karena mencuri informasi 40 juta kartu debit dan kredit dari perusahaan ternama, seperti TJ Maxx, Boston Market, dan Forever 21.

9. Adrian Lamo
Adrian Lamo berhasil menggunakan alat manajemen konten untuk melakukan modifikasi pada artikel Reuters. Rupanya, alat manajemen konten yang dimanfaatkan Lamo tidak dilindungi Yahoo.

Dalam aksi peretasannya itu, Lamo menambahkan kutipan palsu terkait dengan eks Jaksa Agung, John Ashcroft. Ia sangat terkenal dengan sebutan homeless hacker.

Sebab, Lamo kerap melancarkan aksinya di kedai kopi atau perpustakaan. Selain Reuters, Lamo juga pernah membobol situs The New York Times, Microsoft, dan Cingular. Adrian Lamo meninggal di Kansas pada 14 Maret 2018 dalam usia 37 tahun.


10. Michael Calce
Michael Calce atau MafiaBoy merupakan peretas ternama asal Quebec, Kanada yang lahir pada 1984. Kesenangan Calce kepada dunia komputer dan elektronik dimulai ketika ia mendapatkan komputer pertamanya saat berusia 6 tahun.

Bahkan, Calce bergabung dalam kelompok peretas daring saat usianya baru menginjak 9 tahun. Pada 2000, ia meretas beberapa jaringan universitas dan memanfaatkan jaringan gabungan dari sistem tersebut untuk bisa menyerang situs laman asing (luar). Sampai akhirnya, Calce menjadi incaran FBI dan diadili di Kanada.

Baca pembahasan mengenai Serba-Serbi Hacker selengkapnya di Okezone.com melalui link berikut https://www.okezone.com/tag/hacker

Ajeng Wirachmi-Litbang MPI
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)