Penerapan VR di Dunia Pendidikan Beri Pengalaman Baru Bagi Mahasiswa

Minggu, 18 September 2022 - 01:22 WIB
loading...
Penerapan VR di Dunia Pendidikan Beri Pengalaman Baru Bagi Mahasiswa
Teknologi VR sudah diterapkan dalam sistem perkuliahan di Universitas Indonesia (UI). FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
DEPOK - Terobosan baru hadir di dunia pendidikan yang memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu menggunakan Virtual Reality (VR). Dengan teknologi ini, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memiliki pengalaman baru.

BACA JUGA - Peluncuran Headset VR Apple Ditunda hingga 2023

Teknologi ini sudah diterapkan dalam sistem perkuliahan di Universitas Indonesia (UI). “Dengan VR ini memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual dengan lingkungan yang disimulasikan dengan menggunakan komputer,” kata dosen Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI, Abdul Rahman, Jumat (16/9/2022).

Dengan VR ini juga akan mempermudah proses pembelajaran di rumpun ilmu kesehatan karena sebagian besar mengalami kendala dalam melakukan pembelajaran praktikum akibat keterbatasan laboratorium. Dengan virtual laboratorium ini bisa menjadi alternatif pembelajaran sehingga kemampuan psikomotor peserta didik tercapai.

“Sebuah meta-analisis baru-baru ini menunjukkan bahwa penggunaan simulasi VR berpotensi menunjukan hasil pendidikan yang baik dari praktikum simulasi tradisional,” ujarnya.

Dikatakan Rahman, penggunaan VR di dunia pendidikan memiliki dampak positif terutama dalam peningkatan keterampilan mahasiswa secara signifikan pada proses pembelajaran.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa penggunaan VR dapat meningkatkan antusias mahasiswa dalam pembelajaran praktikum. “Penggunaan VR juga membuat mahasiswa merasa nyaman dalam proses pembelajaran praktikum,” tambahnya.

Salah satu daya tarik penting yang diberikan oleh simulasi VR ini adalah memungkinkan praktik secara penuh yang langsung dipraktikkan dan hasilnya dilihat. Menurutnya, VR cocok untuk menjadi alat pengajaran yang sangat baik karena memberikan pengalaman baru pada mahasiswa dan dapat melakukan praktik tanpa risiko bagi pasien.

“Praktik menggunakan VR dapat memberikan alternatif jangka panjang dan berkelanjutan yang menghadirkan solusi modern dan imersif untuk membangun kepercayaan diri bagi mahasiswa. Penggunaan virtual reality juga meningkatkan keaktifan dan fleksibilitas mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dijalani,” tukasnya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1036 seconds (11.252#12.26)