Rekomendasi Laptop untuk Programmer di Bawah Rp10 Juta

Minggu, 18 September 2022 - 16:04 WIB
loading...
Rekomendasi Laptop untuk Programmer di Bawah Rp10 Juta
Rekomendasi laptop untuk programmer dengan harga terjangkau penting diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Rekomendasi laptop untuk programmer dengan harga terjangkau cocok bagi para programmer pemula. Terutama, yang memang belum memiliki bujet tinggi untuk membeli laptop.

Tentu saja, kebutuhan programmer sangat beragam. Sebab, tergantung dari bahasa pemrograman dan platform apa yang ditekuni. Nah, laptop untuk programmer harus memperhatikan beberapa hal ini:

1. Spesifikasi Minimum
Berbeda dengan desainer atau video editor, programmer sebenarnya tidak butuh laptop dengan kecepatan super tinggi atau layar besar. Untuk programmer web baik frontend atau backend, laptop dengan spesifikasi minimum setidaknya Intel i3 sudah cukup. RAM-nya, ukuran 8 GB minimum DDR3/DDR4. Sebaliknya, untuk programmer mobile (Android) disarankan mengambil minimal i5 dan RAM lebih besar.

2. Garansi
Merek yang sudah populer seperti Dell, HP atau Lenovo umumnya memiliki garansi yang cukup baik dan dapat diandalkan. Apalagi, jika pengerjaan servis bisa dilakukan di rumah/kantor.

3. Memori SSD
Disarankan untuk memilih laptop yang sudah menggunakan SSD. Karena sangat berperan dalam performa laptop. Apalagi saat coding.

4. Apple
Developer Apple (iOS atau MacOS) direkomendasikan untuk memakai MacBook Pro atau MacBook Air. MacBook Pro 13 dengan RAM 16 GB sudah sangat cukup.

Keunggulan Apple untuk programmer sangat banyak. Mulai keyboard nyaman, trackpad yang cepat, iOS development, daya tahan baterai lebih dari 8 jam, hingga tidak perlu mencari drive. Direkomendasikan untuk memakai MacBook 2014 keatas dengan SSD.

BACA JUGA: Rekomendasi Game dengan Tema Jepang Terbaik

Nah, berikut beberapa contoh rekomendasi laptop untuk programmer dibawah Rp10 juta:

1. Acer Swift 3 SF314
Memakai chipset AMD Ryzen 5 4500U, RAM 8 GB dan SSD 512 GB. Layarnya 14 inci dengan resolusi FHD. Tapi, bobotnya hanya 1.2 kg. Jadi praktis dibawa-bawa. Harganya Rp9,5 jtuaan.

2. HP 14S-DK0126AU
Menggunakan chipset AMD, kartu grafis Radeon Vega 3, RAM 8 GB dan kapasitas HDD sebesar 1 TB. Layarnya 14 inci, bobot 1.47 kg, dengan ketahanan baterai 9 jam. Harganya Rp7 jutaan.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1506 seconds (10.101#12.26)