Cara Mengatasi WhatsApp Tak Bisa Kirim Foto

Senin, 12 September 2022 - 19:31 WIB
loading...
Cara Mengatasi WhatsApp Tak Bisa Kirim Foto
Cara Mengatasi WhatsApp tak bisa kirim foto/ IST
A A A
JAKARTA - WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan favorit yang banyak digunakan di seluruh dunia. Meski demikian, sebagai sebuah aplikasi, WhatsApp mungkin saja mengalami masalah salah satunya adalah tidak bisa mengirim foto.

Kalau sudah begini tentu akan sangat menjengkelkan. Tapi bagi para pengguna, perlu diketahui bahwa sebenarnya masalah WhatsApp tidak bisa mengirim pesan bisa diatasi dengan cukup mudah. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan koneksi stabil

Aplikasi WhatsApp membutuhkan koneksi internet yang stabil agar fungsinya berjalan lancar. Untuk itu, jika mengalami kendala dalam masalah pengiriman, termasuk saat mengirim foto, pastikan dulu koneksi internet sudah stabil.

Cek koneksi wifi ataupun paket data operator. Cek kecepatan internet di situs seperti www.speedtest.net.

2. Pastikan pengaturan waktu di smartphone sudah benar

Pengaturan tanggal dan waktu di smartphone bisa menjadi sumber masalah pada WhatsApp karena aplikasi akan sulit tersambung ke server. Maka, penting untuk memastikan waktu di smartphone sudah benar.

Jika mengalami masalah tidak bisa mengirim foto, segera periksa tanggal dan waktu di smartphone dengan buka Pengaturan, lalu pilih Tanggal dan Waktu, selanjutnya sesuaikan dengan tanggal dan waktu saat ini.

3. Pastikan memori masih ada

Selanjutnya adalah memastikan memori smartphone masih ada. Jika perlu, hapus sejumlah file yang tidak digunakan. Hapus chat history atau call history WhatsApp jika memang tidak diperlukan. Jangan lupa juga untuk hapus catche WhatsApp.

Untuk menghapus cache WhatsApp, silakan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih bagian Pemeliharaan Perangkat, kemudian optimalkan sekarang atau bisa langsung hapus cache.

4. Update WhatsApp terbaru

Cara lain untuk mengatasi masalah tidak bisa kirim foto di WhatsApp adalah dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Pasalnya versi aplikasi yang sudah usang tidak bisa mendukung fitur layanan secara maksimal.

Maka dari itu, lakukan update berkala pada versi aplikasi WhatsApp yang digunakan. Langkahnya adalah dengan buka Google Play Store atau Apple App Store, telusuri WhatsApp, lalu pilih tombol update aplikasi.

5. Restart dan uninstall

Jika WhatsApp masih tidak bisa mengirim foto, coba log out dari akun WhatsApp selama beberapa saat lalu masuk kembali. Jika perlu, hapus kemudian install ulang aplikasi WhatsApp dengan terlebih dulu melakukan backup.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7274 seconds (0.1#10.140)