Jepang Ciptakan Game untuk Mengukur Penglihatan dan Mencegah Kebutaan

Kamis, 08 September 2022 - 06:16 WIB
loading...
Jepang Ciptakan Game untuk Mengukur Penglihatan dan Mencegah Kebutaan
Game untuk mengukur penglihatan dan mencegah kebutaan ciptaan Jepang. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Sebuah video game dari Jepang diciptakan untuk mengukur penglihatan pengguna dan membantu mendeteksi glaukoma, suatu kondisi serius yang dapat menyebabkan kebutaan.

BACA JUGA - Nintendo Siap Rilis Kembali Game Jadul di Game Boy dan Game Boy Color

Seperti dilansir dari Automaton Media, Kamis (8/9/2022), para ilmuwan di Fakultas Kedokteran Pascasarjana Universitas Tohoku bekerja sama dengan stasiun televisi Jepang Sendai Broadcasting untuk membuat game khusus yang dapat membantu meningkatkan penglihatan pengguna.

Video game berjudul Meteor Blaster tidak menyembuhkan miopia, tetapi dapat mendeteksi gejala awal glaukoma dan membantu mencegah kebutaan. Pengguna hanya perlu bermain setidaknya selama lima menit.

Ini adalah video game menembak luar angkasa, di mana tujuannya adalah untuk meledakkan meteor sambil mengumpulkan kekuatan dalam bentuk bola cahaya putih.

Data menunjukkan bahwa glaukoma adalah penyebab kebutaan nomor satu di Jepang. Diperkirakan sekitar 4,65 juta orang di negara itu menderita glaukoma, tetapi sekitar 90 persen dari mereka tidak pergi ke rumah sakit sampai terlambat.

Meyakinkan orang untuk memeriksakan penglihatan mereka untuk glaukoma terbukti menjadi tugas yang sulit, sehingga para ilmuwan harus menemukan cara yang tidak konvensional untuk mengatasi masalah ini.

"Bermain video game dikatakan membuat mata Anda lebih buruk, tetapi kami mengubah ide itu dan bekerja untuk mengembangkan game untuk kesehatan mata," kata juru bicara Divisi Bisnis Baru Sendai Broadcasting.

Dengan video game seluler menjadi tren akhir-akhir ini, para ahli berharap Meteor Blaster dapat membuat perbedaan nyata dan membantu mencegah kondisi kesehatan yang serius.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2597 seconds (11.252#12.26)