Google Luncurkan Software Development Kit, Ini Fungsinya

Selasa, 30 Agustus 2022 - 08:54 WIB
loading...
Google Luncurkan Software Development Kit, Ini Fungsinya
Google mengumumkan peluncuran Software Development Kit (SDK) atau software lintas perangkat yang berfungsi di seluruh perangkat Android. Foto/Techthristy
A A A
MENLO PARK - Google mengumumkan peluncuran Software Development Kit (SDK) atau software lintas perangkat yang berfungsi di seluruh perangkat Android . Software ini untuk memudahkan pengembang membuat aplikasi Android yang berfungsi di semua jenis perangkat.

Pertama kali disebutkan selama sesi pengembangan Multi-perangkat Google I/O '22, SDK menggabungkan alat yang dibutuhkan pengembang untuk membuat aplikasi. Software ini berfungsi di seluruh perangkat Android, dan akhirnya, pada ponsel non-Android, TV, mobil, dan perangkat lain yang saling terhubung.

Pratinjau Pengembang yang baru diluncurkan menunjukkan SDK berisi serangkaian API yang berfokus pada fungsionalitas inti untuk menemukan perangkat terdekat. Termasuk membangun koneksi yang aman antar perangkat, dan menghosting pengalaman aplikasi di beberapa perangkat.



Dikutip dari laman hindustantimes, Selasa (30/8/2022), Google mengatakan bahwa SDK ini akan memungkinkan pengembang untuk fokus pada inti pengembangan aplikasi, 'pada apa yang paling penting,' dengan menghilangkan kerumitan yang terlibat dalam bekerja dengan penemuan perangkat, otentikasi, dan protokol koneksi.

Menurut Google di masa sekarang, pengguna memiliki lebih banyak perangkat yang terhubung yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Namun potensi ini masih belum dimanfaatkan karena banyak kerumitannya.

Di sisi pengguna, kebutuhan untuk masuk ke beberapa perangkat berulang kali adalah salah satunya. Banyak masalah lain muncul saat pengguna mulai menghubungkan lebih banyak perangkat.



Untuk pengembang, ada kekurangan integrasi lintas platform untuk memungkinkan perangkat berkomunikasi di antara mereka. Selain itu, untuk menguji pengalaman multi-perangkat, mereka harus membeli semua perangkat tersebut.

SDK ini akan memungkinkan pengembang untuk membangun pengalaman lintas perangkat yang menarik dengan memberdayakan dan menyederhanakan beberapa kasus penggunaan. Misalnya, mendeteksi dan memungkinkan komunikasi dengan perangkat terdekat, membentuk koneksi aman untuk perangkat untuk berbicara satu sama lain.

Selain itu dapat memfasilitasi handoff tugas, di mana pengguna memulai tugas pada satu perangkat dan dapat melanjutkan dengan mudah di perangkat lain. Tujuan Google dengan peluncuran ini pada akhirnya adalah untuk memperluas dukungan ke sistem operasi non-Android termasuk iOS dan Windows, tetapi para ahli mengatakan bahwa itu akan memakan waktu.

Menurut The Verge, karena kemampuannya pada hari-hari awal, sangat kecil kemungkinan melihat aplikasi menjembatani konektivitas antara perangkat iOS dan Android dalam waktu dekat. Namun, akan menarik untuk melihat bagaimana pengembang menerapkan kemampuan baru untuk memulai, dan apakah itu akan membuat penggunaan aplikasi tertentu lebih nyaman.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)