Seperti TikTok, YouTube Shorts Beri Watermarks pada Video yang Diunduh

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 06:19 WIB
loading...
Seperti TikTok, YouTube Shorts Beri Watermarks pada Video yang Diunduh
YouTube meluncurkan fitur baru yang secara otomatis menambahkan watermarks (tanda air) ke YouTube Shorts yang diunduh. Foto/Ilustrasi/Knowtechie
A A A
SAN BRUNO - YouTube meluncurkan fitur baru yang secara otomatis menambahkan watermarks (tanda air) ke YouTube Shorts yang diunduh. Watermarks akan ditambahkan saat Anda mengunduh video dan memposting silang.

Ini mirip dengan apa yang ditemukan di video TikTok. Kita dapat mengetahui bahwa sebuah video berasal dari TikTok karena ada watermarks yang dikenali di setiap video yang diposting ke platform.

Sebelumnya, pembuat konten YouTube dapat mengunduh dan membagikan Shorts mereka tanpa tanda air. Namun sekarang, sudah berubah berkat pembaruan baru ini. Fitur watermarks baru diumumkan melalui utas dukungan.

Baca juga; YouTube Sederhanakan Kontrol Kualitas Streaming

“Jika Anda seorang kreator yang mendownload Shorts Anda dari YouTube Studio untuk dibagikan ke platform lain, Anda sekarang akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang Anda download,” tulis postingan itu dikutip SINDOnews dari laman Knowtechie, Sabtu (20/8/2022).

Lebih lanjut dinyatakan, “Kami telah menambahkan tanda air ke Shorts yang Anda unduh sehingga pemirsa Anda dapat melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform dapat ditemukan di YouTube Shorts.”

Fitur itu akan diluncurkan di desktop selama beberapa minggu ke depan. Namun di perangkat seluler, peluncurannya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Baca juga; Cara Download Video YouTube tanpa Aplikasi

Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mendapatkan watermarks. Ini akan diterapkan secara otomatis ketika Anda mencoba mengunduh dan memposting silang YouTube Shorts.

TikTok menambahkan tanda air ke videonya bersama dengan pegangan pembuatnya. Pegangan ini memantul menarik perhatian dan mencegah pemotongan.

Meskipun ini bagus untuk eksposur, algoritme pesaing dapat mengenali sumber dan menurunkan peringkat mereka seperti yang dilakukan Meta.

Jika Anda membuat Shorts hanya untuk YouTube, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, jika Anda berencana untuk berbagi video lintas platform, pertimbangkan untuk membuatnya dengan perangkat lunak pihak ketiga dan kemudian memposting silang ke media sosial untuk menghindari perang tanda air.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1330 seconds (11.210#12.26)