Hasil Riset Sebut Main Game Bisa Tingkatkan Kecakapan Hidup

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:30 WIB
loading...
Hasil Riset Sebut Main Game Bisa Tingkatkan Kecakapan Hidup
Para peneliti di balik riset terbaru ini menyebut bermain game dapat melatih dan meningkatkan proses pengambilan keputusan yang cepat bagi otak yang mengalami kerusakan syaraf. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
CUPERTINO - Selama ini bermain game dicap sebagai kegiatan negatif yang sia-sia. Bahkan tidak sedikit yang menganggap sering bermain game dapat memberikan efek yang buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Namun riset terbaru mengungkapkan bahwa ada banyak sisi positif yang bisa didapat ketika bermain game. Bermain game selama berjam-jam setiap minggu disebut dapat meningkatkan aktivitas otak.



Para peneliti di balik riset terbaru ini menyebut bermain game dapat melatih dan meningkatkan proses pengambilan keputusan yang cepat bagi otak yang mengalami kerusakan syaraf.

Selain itu, dapat meningkatkan keterampilan kognitif seseorang, seperti dilansir dari Science Alert, Kamis (28/7/2022).

"Sebagian besar remaja kita bermain game lebih dari tiga jam setiap minggu tetapi selama ini tidak terlihat efek menguntungkan dari aktivitas tersebut, kata ahli saraf Mukesh Dhamala dari Georgia State University.

"Tidak diketahui secara pasti apakah bermain game dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan. Pekerjaan kami memberikan beberapa jawaban tentang hal itu," lanjutnya.

Riset dilakukan dengan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) untuk mengukur aktivitas saraf pada 47 peserta usia remaja yang terdiri dari 28 orang yang secara teratur bermain video game dan 19 orang yang tidak.

Mereka yang bermain secara teratur sebagian besar terlibat dalam game real time yang sangat aktif, seperti strategi real time, game bergenre first person shooter, dan game-game yang kembutuhkan kecepatan lainnya.

Para sukarelawan ini diminta untuk menekan tombol sebagai respons terhadap arah gerakan serangkaian titik pada layar di depan mereka. Pemain video game biasa lebih cepat dan lebih akurat dalam merespons, dan hasil pemindaian fMRI menunjukkan bahwa ada juga peningkatan aktivitas di bagian tertentu dari otak mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)