Dituding Akibatkan Gangguan Mental dan Makan Anak, Instagram Dituntut!

Rabu, 27 Juli 2022 - 23:01 WIB
loading...
Dituding Akibatkan Gangguan Mental dan Makan Anak, Instagram Dituntut!
Tuntutan dilayangkan oleh keluarga dua gadis yang diwakilkan oleh Laura Marquez-Garrett dari Pusat Hukum Korban Media Sosial. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Instagram kembali menghadapi tuntutan hukum. Kali ini media sosial tersebut diseret ke meja hijau karena dinilai telah menyebabkan gangguan makan dan masalah kesehatan mental pada remaja.

Seperti dilansir dari Metro, Rabu (27/7/2022), tuntutan dilayangkan oleh keluarga dua gadis yang diwakilkan oleh Laura Marquez-Garrett dari Pusat Hukum Korban Media Sosial.



Mereka mengajukan tuntutan hukum yang menuduh bahwa Instagram menyebabkan gadis-gadis itu menjadi kecanduan layanan dan mengembangkan depresi, kecemasan, dan anoreksia.

Dalam tuntutan dikatakan bahwa algoritma Instagram mendorong gangguan makan dengan menunjukkan gambar model yang sangat kurus dan konten yang terkait dengan olahraga ekstrem.

Konten juga disebut telah mendorong gadis untuk mencoba bunuh diri dan dirawat di rumah sakit beberapa kali. Salah satu dari mereka kadang-kadang harus memiliki selang makanan karena dia tidak mau makan.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa Instagram sebenarnya mengetahui bahwa beberapa orang menjadi kecanduan layanan dan bahwa remaja sangat rentan namun tidak ada tindakan.

Mereka juga mengatakan bahwa perusahaan gagal memverifikasi usia pengguna, mengizinkan kedua gadis itu untuk bergabung ketika mereka baru berusia 12 tahun meskipun usia minimumnya adalah 13 tahun

Raksasa teknologi itu juga dituduh gagal melindungi anak di bawah umur dari pesan seksual dengan algoritme yang merekomendasikan 'teman' yang sebenarnya adalah pengguna Instagram dewasa.

Parahnya lagi rekomendasi teman ini menuju pada mereka yang menderita masalah kesehatan mental atau menggunakan produk Instagram untuk menemukan dan mengeksploitasi gadis-gadis muda.

Untuk diketahui, tuntutan tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian tuntutan hukum yang menghubungkan media sosial Instagram dengan masalah kesehatan mental pada anak-anak.

Setidaknya ada sembilan tuntutan hukum lainnya telah diajukan terhadap Instagram dan induknya, Meta dengan tuduhan membahayakan kesehatan mental anak di bawah umur.

Salah satunya menuduh perusahaan berkontribusi pada bunuh diri seorang gadis berusia 11 tahun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)