Instagram, TikTok, dan YouTube, Jadi Sumber Berita Utama Remaja

Kamis, 21 Juli 2022 - 23:43 WIB
loading...
Instagram, TikTok, dan YouTube, Jadi Sumber Berita Utama Remaja
Instagram, TikTok, dan YouTube, menjadi pilihan remaja di Inggris untuk mencari sumber berita yang utama. Foto/Ilustrasi/broadbandtvnews
A A A
LONDON - Instagram , TikTok, dan YouTube , menjadi pilihan remaja di Inggris untuk mencari sumber berita yang utama. BBC One dan BBC Two, secara historis menjadi sumber berita paling populer di kalangan remaja, kini turun di posisi kelima.

Menurut laporan Konsumsi Berita Ofcom di Inggris 2021/22, Instagram adalah sumber berita paling populer di kalangan remaja, digunakan oleh hampir tiga dari sepuluh pada tahun 2022 sekitar 29%. TikTok dan YouTube berada di posisi dua dan tiga, digunakan oleh 28% anak muda untuk mengikuti berita.

BBC One dan BBC Two, secara historis menjadi sumber berita paling populer di kalangan remaja, kini turun di posisi kelima. Sekitar seperempat remaja (24%) menggunakan saluran ini untuk berita pada tahun 2022, dibandingkan dengan hampir setengah (45%) hanya lima tahun yang lalu.



Meskipun BBC One tetap menjadi sumber berita yang paling banyak digunakan di antara semua orang dewasa online, penayangan berita di BBC One, BBC Two, saluran BBC News, ITV, dan Sky News sekarang berada di bawah dibandingkan sebelum pandemi. Tren ini melanjutkan penurunan jangka panjang dalam berita TV tradisional.

Sementara kelompok usia yang lebih muda lebih cenderung menggunakan internet dan media sosial untuk mencari sumber berita, rekan-rekan mereka yang lebih tua lebih memilih media cetak, radio, dan TV. Bulan lalu, BBC One mengubah tampilan buletin berita utamanya untuk memasukkan unsur-unsur media sosial.

“Remaja saat ini semakin tidak mungkin membaca koran atau mendengarkan TV News, alih-alih lebih memilih untuk mengikuti perkembangan terbaru dengan menggulir feed sosial mereka. Dan sementara anak-anak muda menganggap berita di media sosial kurang dapat diandalkan, mereka menilai layanan ini lebih tinggi karena menyajikan berbagai opini tentang berita topikal hari itu,” kata Yih-Choung Teh, Group Director of Strategy and Research Ofcom dikutip SINDOnews dari laman broadbandtvnews, Kamis (21/7/2022).



Berita TV tetap menjadi sumber berita paling tepercaya di kalangan orang dewasa Inggris (71%), dengan berita di media sosial dianggap paling tidak dapat diandalkan (35%). CNN (83%) dan Sky News (75%) sangat dipercaya oleh pemirsa mereka sebagai sumber berita utama, sementara lembaga penyiaran layanan publik juga dipercaya oleh sebagian besar pemirsa mereka – BBC (73%), ITV (70%), Channel 4 (66%) dan Saluran 5 (59%).

Sebanyak 67% pemirsa pendatang baru GB News mempercayai laporan beritanya. Di antara remaja, setengah dari pengguna YouTube dan Twitter merasa bahwa mereka menyediakan berita yang dapat dipercaya (masing-masing 51% dan 52%). Namun, terlepas dari popularitasnya untuk berita, kurang dari sepertiga anak muda (30%) mempercayai konten berita TikTok.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)