5 Fitur Aplikasi Merdeka Mengajar dan Cara Downloadnya

Selasa, 19 Juli 2022 - 12:12 WIB
loading...
5 Fitur Aplikasi Merdeka Mengajar dan Cara Downloadnya
Fitur aplikasi Merdeka Mengajar dan cara downloadnya penting diketahui untuk para pendidik maupun murid. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Fitur aplikasi Merdeka Mengajar wajib diketahui oleh para guru pendidik. Sebab, platform tersebut akan sangat membantu kegiatan guru untuk mengajar sesuai kemampuan murid, hingga menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi.

Merdeka Mengajar sendiri merupakan platform atau super app yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Super app tersebut memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan agar guru bisa mengajar lebih baik lagi.

Nah, berikut adalah beberap fitur-fiturnya:

1. Produk Asesmen Murid
Menyediakan kumpulan paket soal yang bisa dibagikan secara daring (online) atau luring (offline) ke murid-murid di kelas. Guru juga bisa mendapat hasil analisis asesmen di dalam aplikasi, yang akan mempermudah merencanakan pengajaran yang sesuai kebutuhan murid.

2. Produk Perangkat Ajar
Menyediakan inspirasi dan referensi materi mengajar berkualitas, berupa modul ajar, bahan ajar, modul proyek, hingga buku teks. Perangkat ajar ini bisa diunduh dan digunakan langsung di kelas.

3. Video Inspirasi
Berisi kumpulan video inspirasi praktik ajar dan pengembangan diri, yang dibuat oleh tim Kemendikbudristek dan para ahli. Beragam video ini sudah dikurasi dan dapat digunakan guru sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi pada aspek personal dan sosial dalam proses belajar mengajar.

4. Pelatihan Mandiri
Memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan guru dalam melakukan pelatihan secara mandiri.

5. Bukti Karya Saya
Merupakan wadah untuk mendokumentasikan karya-karya yang menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

Guru juga bisa melihat karya-karya buatan rekan sejawat untuk saling menginspirasi dan memberi umpan balik.

BACA JUGA: 4 Alasan Teleskop James Webb Seharga Rp149 Triliun Hanya Dibekali SSD 68 GB
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)