9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Senin, 18 Juli 2022 - 15:33 WIB
loading...
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa
Game Harvest Moon memiliki banyak sekali versi dan dirilis dalam beragam platform. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Seri game Harvest Moon terbaik memang banyak versinya. Game bersejarah yang membawa nostalgia masa lalu ini memang dikenal memiliki banyak penggemar.

Harvest Moon adalah game bergenre RPG dengan pendekatan unik. Tidak ada perang, atau pertempuran. Pemain hanya bertugas untuk mengurus lahan dan hewan ternak.

Namun, banyak fitur di dalam game ini yang membuat pemain begitu enjoy. Mulai cerita yang menarik hingga gameplay yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Harvest Moon sendiri memiliki banyak versi. Nama game ini sekarang telah berubah menjadi Story of Season setelah developer Marvelous yang merupakan pembuat game originalnya keluar dari Natsume. Nah, inilah 9 seri game Harvest Moon terbaik :

1. Doraemon Story of Seasons (Nintendo Switch)
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Bekerjasama dengan Doraemon, ini adalah gebrakan cukup sukses bagi Marvelous yang asal Jepang tersebut. Petualangan Nobita dan kawan-kawan yang tersesat dalam sebuah desa dan harus menjaga ladang terbengkalai menjadi pengalaman baru dalam bermain game. Gameplay-nya sama persis seperti Harvest Moon. Misalnya harus mengolah ladang dan merawat hewan ternak menjadi lebih seru dengan adanya fitur baru seperti menangkap serangga. Namun dalam game ini karakter utama tidak bisa menikah seperti pada seri Harvest Moon kebanyakan.

2. Story of Seasons : Trio of Town (Nintendo 3DS)
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Berbeda dengan game Harvest Moon biasanya yang hanya berkutat pada satu desa atau kota saja. Dalam game ini pemain memiliki akses ke 3 kota yang masing masing kotanya memiliki budaya dan gaya bercocok tanam berbeda. Tiga kota ini juga memiliki gadis-gadis yang bisa dinikahi. Meski terkesan lebih rumit, namun pengalaman baru ini menjadikan Story of Seasons : Trio of Town game yang terunik diantara seri Harvest Moon.

3. Harvest Moon : Animal Parade (Nintendo Wii)
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Seri Harvest Moon ini juga termasuk unik, karena memasukkan sirkus di dalam gamenya. Kota dalam game ini juga terkesan modern dan jauh dari kata pedesaan. Gameplay Harvest Moon : Animal Parade masih sama, yaitu harus bercocok tanam dan merawat hewan ternak serta bisa menikah. Namun ending dalam game ini menjadi salah satu ending yang menyedihkan.

4. Harvest Moon : Save The Homeland (PS2)
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Harvest Moon : Save The Homeland merupakan salah satu seri Harvest Moon dimana karakternya tidak bisa menikah. Namun memiliki banyak ending, sehingga pemain tidak akan bosan dan terus mencoba mengoleksi endingnya. Karakter kita juga harus menyelesaikan misi supaya desa tidak tergusur dan dijadikan arena bermain nantinya.

Bisa dibilang Harvest Moon versi ini adalah yang paling simpel dalam hal pengelolaan kebun dan cara menjualnya. Namun memiliki grafis yang terbaik sepanjang seri game Harvest Moon berjalan.

5. Harvest Moon : Hero of Leaf Valley (PSP)
9 Seri Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Konsep yang diusung oleh Harvest Moon : Hero of Leaf Valley sama seperti Harvest Moon : Save The Homeland. Baik dari sisi misi, ending, dan karakter yang ditampilkan. Bedanya, dalam game ini karakter utama bisa menikah dan memiliki anak. Bisa dibilang versi Harvest Moon ini adalah penyempurnaan dari Harvest Moon : Save The Homeland.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)