Anak Usaha Alphabet Rancang Drone untuk Antar Paket

Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:45 WIB
loading...
Anak Usaha Alphabet Rancang Drone untuk Antar Paket
Wing memamerkan berbagai drone berukuran berbeda, mulai dari drone yang lebih besar yang dapat membawa hingga tujuh pon dan drone yang lebih kecil yang hanya mampu membawa muatan 0,6 pon. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Wing, perusahaan drone yang beroperasi di bawah naungan induk Google , Alphabet tengah berupaya merancang serangkaian drone berukuran besar yang dapat mengangkut paket.

Perusahaan baru saja merilis sejumlah prototipe drone yang mana nantinya akan digunakan untuk mengirimkan obat-obatan dan paket kecil lainnya di pinggiran kota di luar Dallas-Fort Worth.


Menurut CEO Wing, Adam Woodworth, tujuan dihadirkannya drone ini adalah untuk menyesuaikan ukuran pengiriman agar sesuai antara paket yang dikirimkan dengan kendaraan pengangkutnya.

"Sama halnya seperti untuk membawa satu tron kerikil kita memerlukan mobil truk, bukan sedan," kata Woodworth seperti dikutip dari The Verge, Jumat (15/7/2022).

Wing memamerkan berbagai drone berukuran berbeda, mulai dari drone yang lebih besar yang dapat membawa hingga tujuh pon dan drone yang lebih kecil yang hanya mampu membawa muatan 0,6 pon.

Perusahaan berharap dengan nantinya dihadirkan beragam drome ini, akan merevolusi industri pengiriman barang dan menggaet Amazon serta Uber untuk menggunakan sistem pengiriman ini untuk skala yang lebih besar.

Sayangnya hingga saat ini belum terucap kapan drone terbaru ini akan mulai diluncurkan secara resmi. Namun mengingat ini masih sebatas prototipe, tampaknya Wing masih memerlukan lebih banyak waktu.

Untuk diketahui, pengiriman paket menggunakan drone bukanlah hal baru di beberapa negara. Ini sudah berlangsung di beberapa kota kecil yang memang tidak memiliki cakupan wilayah yang luas dan kompleks.

Wing sendiri telah sukses mengirimkan total 250.000 paket dengan menggunakan drone yang mencakup tiga negara, yakni Amerika Serikat, Finlandia, dan Australia.

Keberhasilan terbesarnya terjadi di Logan, Australia, pinggiran kota Brisbane di mana lebih dari 50.000 dari total pengiriman telah dilakukan.

Perusahaan meluncurkan layanan komersial pertamanya pada bulan April di kota pinggiran Frisco dan Little Elm, keduanya merupakan bagian dari area metro Dallas-Fort
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4414 seconds (0.1#10.140)