Google Doodle Tampilkan Teleskop Luar Angkasa James Webb

Selasa, 12 Juli 2022 - 23:55 WIB
loading...
Google Doodle Tampilkan Teleskop Luar Angkasa James Webb
Google telah memposting Doodle baru, logo Google, di halaman beranda untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb karena berhasil mengambil foto terdalam alam semesta. Foto/Google/seroundtable
A A A
WASHINGTON - Google telah memposting Doodle baru, logo Google, di halaman beranda untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb karena berhasil mengambil foto terdalam alam semesta. Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah teleskop ruang angkasa yang dirancang terutama untuk melakukan astronomi inframerah.

Doodle hari ini merayakan foto inframerah terdalam dari alam semesta yang pernah diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA—juga dikenal sebagai JWST atau Webb—sebuah fenomena ilmiah dan salah satu prestasi rekayasa terbesar umat manusia. Ini adalah teleskop inframerah terbesar, paling kuat, dan paling kompleks yang pernah ditempatkan di luar angkasa—dan upaya luar angkasa internasional terbesar dalam sejarah!

Sebagai teleskop paling kuat yang pernah diluncurkan ke luar angkasa, resolusi dan sensitivitas inframerahnya yang sangat meningkat akan memungkinkannya untuk melihat objek berusia tua, jauh, atau redup untuk Teleskop Luar Angkasa Hubble. Google menulis "Doodle hari ini menampilkan foto inframerah terdalam dari alam semesta yang pernah diambil serta gambar awal lainnya dari JWST." dikutip SINDOnews dari lamanseroundtable, Selasa (12/7/2022).



Teleskop diluncurkan dari Pusat Antariksa Guyana di Kourou, Guyana Prancis pada 25 Desember 2021 dan membutuhkan waktu sebulan untuk mencapai orbitnya pada jarak 1,5 juta kilometer (940.000 mil) dari Bumi. Peluncuran ini dimungkinkan melalui kolaborasi antara NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Antariksa Kanada (CSA).

Setelah enam bulan diluncurkan ke ruang angkasa, NASA merilis gambar operasional pertama Webb yang mengungkap kedalaman dan dunia baru. Nama JWST diambil dari nama administrator kedua NASA, James E. Webb, yang memimpin misi Apollo yang mendaratkan manusia pertama di bulan.

Berkat gambar dari JWST, para astronom sekarang akan memiliki kesempatan untuk mempelajari setiap fase sejarah kosmik, yang membentang selama 13,5 miliar tahun, dan misteri di luar galaksi kita. NASA bertujuan untuk menjelajahi alam semesta awal, beberapa galaksi dari waktu ke waktu, siklus hidup bintang dan dunia lain dengan Webb.



JWST bahkan akan dapat mengamati cahaya dari galaksi yang terbentuk 400 juta tahun setelah big bang, dan mendeteksi oksigen dan molekul organik di planet lain. Ini akan membuka pintu untuk lebih banyak terobosan ilmiah di masa depan, menyinari ruang, waktu, dan benda langit yang belum kita temukan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3057 seconds (0.1#10.140)