Mengenal Vishing, Tren Penipuan Baru yang Viral di TikTok

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:48 WIB
loading...
Mengenal Vishing, Tren Penipuan Baru yang Viral di TikTok
Vishing (kependekan dari voice phishing) adalah taktik penipuan dengan cara meyakinkan seseorang untuk menelepon penipu online dan membagikan informasi pribadi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Belakangan banyak sekali tren lelucon di TikTok soal ini: vishing . Tepatnya, ketika seseorang teman mereka menggunakan suara mesin penjawab otomatis dan menipu bahwa sejumlah dana besar akan ditarik dari rekening keuangan yang bersangkutan.

Pakar Kaspersky mengingatkan, tren ini adalah skema penipuan yang nyata dan marak dipakai oleh para pelaku kejahatan siber.

Vishing (kependekan dari voice phishing) adalah taktik penipuan dengan cara meyakinkan seseorang untuk menelepon penipu online dan membagikan informasi pribadi, misalnya data bank melalui telepon.

Peneliti Kaspersky mendeteksi peningkatan email vishing di bulan Juni (total 100,000 email) dan mengumpulkan kurang lebih 350.000 email vishing dari Maret hingga Juni 2022.

Vishing bahkan disebut Kaspersky lebih berbahaya dibanding phising. Ketika korban melihat situs phishing, mereka punya waktu sebelum memutuskan tindakan atau mengenali tanda-tanda bahwa situs tersebut bukan situs resmi.

Namun ketika korban berbicara melalui telepon (vishing), mereka dihadapkan dengan situasi yang membingungkan dan memiliki tendensi kehilangan fokus.

Di situasi ini, penipu akan melakukan apa saja untuk memastikan korban tetap di bawah tekanan: membuat korban merasa terburu-buru, mengintimidasi dan meminta mereka segera memberikan detail kartu kredit untuk membatalkan ‘transaksi’ palsu tersebut.

Setelah mendapatkan detail rekening bank korban, para pelaku kejahatan siber ini akan menggunakan informasi tersebut untuk mencuri uang dan menguras tabungan korban.

Dalam empat bulan terakhir (Maret ke Juni 2022), Kaspersky mendeteksi hampir 350,000 vishing email yang meminta korban menelepon dan membatalkan transaksi.

Pada Juni, jumlah email vishing secara total meningkat tajam, nyaris mencapai 100,000 email. Peneliti Kaspersky memprediksi tren ini sedang mendapat momentum dan bisa terus berkembang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)