Pasar Smartphone Global Terus Berdarah, Penjualan Turun hingga 10%

Senin, 04 Juli 2022 - 08:01 WIB
loading...
Pasar Smartphone Global Terus Berdarah, Penjualan Turun hingga 10%
Pasar smartphone di seluruh dunia turun hingga 10%. FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Penjualan smartphone global sangat memprihatinkan. Laporan terbaru menyebut penjualan turun 4% Month on Month (MoM) dan 10% Year on Year (YoY) pada Mei 2022.

Penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor. Namun yang utama adalah inflasi, lockdown di China, dan krisis Ukraina, seperti dilansir dari Gizmochina, Senin (4/7/2022).

BACA JUGA - April 2020, Ini Jajaran Smartphone Terbaru

Inflasi menyebabkan konsumen tetap menggunakan smartphone lama mereka dan menghindari pembelian yang tidak perlu, lockdown menghambat rantai pasokan global, dan perang menyebabkan permintaan menurun, khususnya di Eropa Timur.

Menurut firma riset pasar Counterpoint, penjualan smartphone global turun menjadi 96 juta unit pada Mei 2022. ini merupakan yang pertama kalinya penjualan anjlok hingga di bawah 100 juta unit.

“Permintaan smartphone terutama di negara maju didorong oleh penggantian, yang membuatnya menjadi pembelian yang bebas. Dan inflasi menyebabkan orang-orang menunda pembelian yang tidak penting, termasuk smartphone,” kata direktur riset Tarun Pathak.

“Penguatan dolar AS juga merugikan negara berkembang. Segmen konsumen kemungkinan akan menunggu promosi musiman sebelum membeli smartphone untuk mengimbangi beberapa tekanan biaya,” tambah Pathak.

Menurut indeks makro Counterpoint, penjualan smartphone global kemungkinan akan terus berdarah-darah sepanjang musim panas. Namun, pasar diperkirakan akan bangkit kembali selama semester 2.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1816 seconds (10.177#12.26)