6 Kesalahan Ngecas Smartphone yang Bikin Baterai Cepat Bocor

Senin, 20 Juni 2022 - 11:10 WIB
loading...
6 Kesalahan Ngecas Smartphone yang Bikin Baterai Cepat Bocor
Jika tidak hati-hati ngecas, baterai smartphone bisa cepat menurun kualitasnya. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Ada banyak hal yang bisa bikin baterai smartphone jadi cepat bocor. Sehingga, daya tahannya jadi tidak lama. Karena itu, ada beberapa kebiasaan yang perlu diubah agar baterai smartphone jadi lebih awet.

”Wajar jika aktivitas harian yang padat seringkali menuntut agar kita tetap produktif. Dampaknya, banyak pengguna yang ngecas sembarangan,” ungkap Wildan Mukholad, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Klaim Wildan, ponsel seperti Galaxy M53 5G memiliki fitur-fitur yang bisa dioptimalkan untuk mengubah kebiasaan yang bisa merusak kualitas baterai smartphone. Nah, berikut tipsnya:

1. Mengecas kurang bijak
Salah satu kesalahan yang harus dihindari agar baterai smartphone tetap awet adalah menggunakan smartphone saat dicas. Sebab, akan membuat perangkat panas.

Jika dilakukan terus-menerus, baterai ponsel akan berumur pendek dan cepat bocor. Maka, saat cas perangkat cukup pakai smartphone seperlunya. Atau jika ada kebutuhan darurat saja. Agar lebih aman, matikan smartphone saat dicas.

”Teknologi fast charging di Galaxy M53 5G dengan 25W membuat pengguna tidak perlu ngecas lama-lama. Cukup 30 menit bisa 50 persen,” katanya.

Selain itu, berbagai studi menunjukkan mengisi baterai smartphone hingga 100% merupakan kebiasaan kurang tepat. Untuk memperpanjang usia baterai, ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%-85%.

2. Tidak Mengaktifkan Proteksi Baterai
6 Kesalahan Ngecas Smartphone yang Bikin Baterai Cepat Bocor

Menurut Wildan, Galaxy M53 5G sudah punya fungsi protect battery yang jika diaktifkan otomatis membatasi pengisian daya hanya sampai 85%. Caranya:

a. Buka Settings
b. Pilih Battery and device care
c. Pilih Battery
d. Pilih More battery settings
e. Aktifkan toggle di samping fitur protect battery

3. Mengunduh Aplikasi Sembarangan
Hati-hati saat ingin instal aplikasi. Sebab, aplikasi yang kita unduh dapat memengaruhi kinerja smartphone. ”Hindari mengunduh aplikasi selain dari Google PlayStore karena dapat menyerang sistem operasi yang membuat smartphone jadi lemot bahkan melakukan ping lokasi terus menerus yang bisa membuat baterai cepat habis,” ujarnya.

BACA JUGA: Misteri Balance Rock di Mars, Warganet Pertanyakan Keberadaan Alien

Hindari juga aplikasi penghapus memori atau penghemat baterai dari pihak ketiga karena banyak dari aplikasi jenis tersebut yang justru memakan banyak memori dan mengganggu fungsi smartphone.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2962 seconds (11.252#12.26)