Pakar Prediksi Manusia Bakal Punya Kembaran Virtual

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:02 WIB
loading...
Pakar Prediksi Manusia Bakal Punya Kembaran Virtual
Analis teknologi bernama Rob Enderle mengatakan kembaran virtual ini akan memiliki kemiripan luar biasa dengan manusia. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Saat ini kita hidup di zaman di mana segala sesuatu yang ada di dunia nyata direplikasi secara digital. Pakar menyebut bahwa kita akan memiliki seorang kembaran virtual atau yang disebut doppelganger nantinya.

Analis teknologi bernama Rob Enderle mengatakan kembaran virtual ini akan memiliki kemiripan luar biasa dengan kita. Saking miripnya, kembaran virtual ini bahkan dapat memberikan pengaruh yang kuat ke kehidupan nyata.


Rob mengungkap bahwa kembaran virtual akan hadir dalam model komputer 3D yang canggih, yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI) yang dikombinasikan dengan internet. Ini memungkinkan kembaran virtual terus belajar hal-hal baru.

Kembaran virtual disebut dapat terus menerus membangun sesuatu secara digital. Rob mengatakan versi pertama kembaran digital bisa saja muncul sebelum akhir dekade ini, seperti dilansir BBC pada Kamis (16/6/2022).

Rob Enderle mengatakan bahwa ada pertimbangan etis untuk dipelajari saat kembaran virtual dikembangkan. Ini guna meminimalisir hal-hal tidak baik yang bisa berpengaruh kepada kehidupan manusia asli di dunia nyata.

"Apa yang terjadi jika perusahaan Anda menciptakan kembaran digital Anda, dan berkata 'hei, Anda punya kembaran digital ini yang tidak kami bayar, jadi mengapa kami masih mempekerjakan Anda?'?", katanya.

Rob berpikir bahwa kepemilikan kembar digital tersebut akan menjadi salah satu pertanyaan yang menentukan dari era metaverse yang akan datang. Yang mana saat ini sudah muncul kembaran virtual yang disebut avatar.

Namun avatar saat ini masih sangatlah jauh dari kata kembaran digital. Di platform realitas virtual Meta, Horizon Worlds, misalnya, avatar bahkan belum memiliki kaki, dan teknologinya benar-benar masih dalam tahap awal.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)